Contoh Deskripsi Diri Serdos 2020 Bidang B: Pengembangan Keilmuan/Keahlian [Point 6-10]

By June 06, 2020

B.1. Sebutkan publikasi karya-karya ilmiah/seni yang telah Saudara hasilkan dan tunjukkan buktinya dengan cara mengunggahnya. Bagaimana makna dan kegunaannya dalam pengembangan keilmuan/keahlian. Jelaskan bila karya tersebut memiliki nilai inovatif.


6. Publikasi karya ilmiah (Min 150 Kata)

Sebagaimana tri dharma perguruan tinggi, melakukan penelitan merupakan suatu kewajiban bagi seorang dosen di samping pengajaran dan pengabdian masyarakat. Hal ini juga sekaligus sebagai cara saya dalam mengembangkan ilmu yang saya dapatkan, pula membentuk kerangka berpikir ilmiah dan sistematis. Sejak saya diangkat menjadi dosen tetap pada tahun 2016, saya konsisten membuat satu penelitian setiap semesternya. Saya sangat tertarik melakukan penelitian dalam bidang Sastra, Linguistik, dan Pendidikan. Jurnal pertama saya pada tahun 2016 saya buat karena melihat adanya fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini yang suka berbicara campur-campur antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa inggris. Penelitian yang termasuk dalam kajian Sosiolinguistik tersebut adalah Code Switching And Code Mixing In My Stupid Boss Novel By Chaos@Work pada Jurnal Progressive Vol. 1 No. 1 September 2016 dengan ISSN 1979-4975 yang dapat diakses melalui laman (https://www.neliti.com/publications/227317/code-switching-and-code-mixing-in-my-stupid-boss-novel-by-chaoswork). Pada periode selanjutnya, saya masih melakukan penelitian dalam lingkup Sosiolinguistik dengan judul Code Switching In Talk Show Entitled "Sarah Sechan" On NET TV pada Jurnal Progressive Vol. 12 No. 2 September 2017 dengan ISSN 1979-4975 yang dapat diakses di (http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/progressive/article/view/570). Pada tahun 2018 saya menulis 2 jurnal sebagai penulis pertama, periode Maret 2018, penelitian saya dimuat di Jurnal Wanastra Vol. 10 No. 1, ISSN 2086-6151 dengan judul English Expressions and Terminologies Used for Reservation in PT. Raja Kamar Indonesia Jakarta yang juga bisa diakses di (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/2735). Kemudian periode September 2018 yang sudah masuk ke tahun ajar gasal 2018/2019, saya melakukan penelitian yang kali ini fokus dalam bidang literatur. Karya ilmiah saya dipublikasikan di Jurnal Wanastra Vol. 10 No. 2, ISSN 2086-6151 dengan judul Personality of Main Character In Jobs Film Directed By Joshua Michael Stern. Jurnal tersebut bisa diakses di laman (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/3945/2780). Pada tahun yang sama, saya berkolaborasi dengan rekan sejawat saya untuk melakukan penelitian / karya tulis yang kemudian dijadikan HKI dengan judul Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kepribadian Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMA Negeri Di Cibinong, sertifikat HKI bisa dilihat di blog saya di pranala (http://sayyiddiyyas.blogspot.com/2018/03/hki-pengaruh-metode-pembelajaran-dan.html).

Tahun 2019 saya melakukan penelitian dalam lingkup Pendidikan Bahasa, saya sebagai penulis pertama dalam jurnal yang dipublikasikan oleh Wanastra Vol. 11 No. 1, ISSN 2086-6151 dengan judul The Effect of Learning Motivation and Vocabulary Mastery Towards Students' Writing Skill in Argumentative Text at Private Senior High School in Kabupaten Serang. Link jurnal tersebut ada pada laman (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/5216/3052). Periode selanjutnya yaitu gasal 2019/2020, saya mempublikasikan karya ilmiah masih dengan lingkup yang sama yaitu Pendidikan Bahasa, penelitian saya diterbitkan Jurnal Wanastra Vol. 11 No. 1, ISSN 2086-6151 dengan judul Improving Communication English Speaking Skill through Listening Practice for Non-English Majored Students yang dapat diakses di (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/6204). Pada tahun 2020, artikel ilmiah saya kali ini difokuskan dalam bidang linguistik. Artikel tersebut dipublikasikan oleh Jurnal Wanastra Vol. 12 No. 1, ISSN 2086-6151 pranala dari jurnal tersebut dapat diakses di (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/7459). Semua publikasi karya ilmiah saya juga sudah terindeks di Google Schoolar, bisa diakses melalui laman (https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=0oJSE1QAAAAJ).


7. Makna dan kegunaan (Min 150 Kata)

Fokus serta ruang lingkup penelitian saya adalah dalam bidang Linguistik, Literatur, dan Pendidikan. Penelitian yang efektif tentunya memberi dampak kepada masyarakat, itu tujuan utamanya selain tentunya memajukan perkembangan iptek di Indonesia. Dalam skala yang lebih kecil, penelitian yang saya lakukan bisa dijadikan rujukan atau referensi bagi mahasiswa yang mencari sumber bacaan selain buku referensi utama yang ditentukan oleh masing-masing dosen pengampu mata kuliah mereka. Outline tugas akhir dan skripsi di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melingkupi ruang lingkup Literatur, Linguistik, Teaching, dan English for Specific Purposes. Penelitian yang telah saya lakukan bisa dijadikan acuan bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang Menyusun tugas akhir ataupun skripsi. Publikasi saya pada tahun 2016 dan 2017 misalnya, bisa dijadikan referensi tambahan untuk mata kuliah Sociolinguistics. Mahasiswa dapat diarahkan untuk melakukan kajian serupa namun dengan variable yang berbeda misalnya fenomena penggunaan alih kode dalam penggunaan sosial media. Kemudian pada tahun 2018, penelitian saya dalam lingkup literatur juga dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai additional resource atau bisa juga dijadikan contoh sebelum mereka melakukan penelitian Tugas Akhir atau Skripsi mengenai Literatur. Penelitian dan publikasi saya tentang Pendidikan Bahasa di tahun 2019 bisa dijadikan rujukan bagi mahasiswa yang akan melakukan riset dengan outline Teaching menggunakan metode survei misalnya, karena dalam penelitian tersebut saya menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan instrument dalam bentuk kuesioner dan tes kemudian diolah menggunakan SPSS version 21 for Windows. Pada periode 2020, penelitian saya yang fokus dalam lingkup Linguistik juga dapat dijadikan acuan tambahan pada mata kuliah Introduction to Linguistics atau dijadikan referensi tambahan bagi mahasiswa yang akan melakukan riset tugas akhir atau skripsi dengan outline Linguistik.


8. Nilai inovatif (Min 150 Kata)

Novelty atau unsur kebaruan harus saya lakukan dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan melakukan hal yang demikian, akan memacu mahasiswa yang saya ajar maupun yang saya bimbing untuk juga melakukan terobosan-terobosan baru dalam Pendidikan maupun penelitiannya. Publikasi karya ilmiah saya mengenai alih kode pada tahun 2016, membuat mahasiswa yang saya bimbing tertarik untuk mengambil outline linguistik yang selama ini dianggap sulit. Saya memacu mahasiswa yang saya bimbing untuk juga berani mengambil outline linguistik namun dengan variabel dan media yang berbeda.  Penelitian saya mengenai alih kode serta beberapa publikasi lain juga mendapat perolehan sitasi dari peneliti lain, bisa dilihat di laman Google Scholar saya di (https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=0oJSE1QAAAAJ).

Sementara penelitian saya mengenai Pendidikan Bahasa, bisa dijadikan acuan bagi mahasiswa yang ingin mengambil outline Teaching dengan metode yang berbeda. Jika selama ini metode yang digunakan oleh hampir semua peserta tugas akhir dan skripsi UBSI yang mengambil outline Teaching adalah deskriptif kualitatif, maka dalam publikasi tersebut, saya melakukan penelitian dengan menggunakan deskriptif korelasional dengan teknik survey dan pengumpulan data menggunakan instrument dalam bentuk kuesioner dan tes, metode tersebut bermaksud untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variable atau lebih kemudian data diolah menggunakan statistik inferensial korelasi sederhana dan korelasi ganda, serta regresi sederhana dan ganda menggunakan  aplikasi SPSS version 21 for Windows.


B.2. Berikan CONTOH NYATA konsistensi dan target kerja yang Saudara tunjukkan dalam pengembangan keilmuan/keahlian.

9. Konsistensi (Min 150 Kata)

Menjalani profesi dosen adalah pilihan hidup saya. Dengan pilihan yang telah saya buat itu saya harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah saya putuskan. Sejak awal bergabung di STIBA Nusa Mandiri hingga sekarang saya di Universitas Bina Sarana Informatika, saya selalu konsisten dalam melaksanakan kewajiban saya sebagai seorang dosen dengan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang saya miliki. Di bidang pengajaran saya terus mencari metode-metode pengajaran baru yang lebih inovatif dan kekinian, saya menggunakan media-media pembelajaran yang terbaru, hal tersebut sangat berguna dalam masa pandemi seperti saat ini. Saya dituntut untuk lebih kreatif mencari alternatif pembelajaran. Mencari cara baru dalam melakukan pengajaran yang tepat agar efektif seperti menggunakan media pembelajaran daring; Google Classroom dan Google Meet. Dengan demikian, saya selalu dapat mengembangkan keilmuan saya sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini.

Saya juga membuat modul non-cetak pada tahun 2017 untuk mata kuliah Social Conversation. Selain itu, saya juga menggunakan modul tersebut untuk memberikan pelatihan Bahasa inggris dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang saya lakukan. Materi tersebut saya upload di blog saya agar mahasiswa atau peserta pengabdian masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya kapan saja.

Selain mengampu mata kuliah TOEFL, pada tahun 2020 ini saya juga diberikan kepercayaan oleh Program Studi melalui Lembaga Bahasa UBSI untuk memberikan workshop dan pelatihan English Proficiency Test bagi calon DYS kampus UBSI Sukabumi Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI), Sistem Informasi Akuntansi (SIA), Teknologi Komputer (TK) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Sukabumi dalam rangka persiapan untuk mengikuti tes TKBI sebagai salah satu syarat mengikuti sertifikasi dosen 2020 gelombang satu saat ini.

Dalam bidang penelitan, saya konsisten dengan melahirkan sedikitnya satu jurnal setiap semesternya dengan fokus ke ruang lingkup Linguistik, Literatur, dan Pendidikan Bahasa. Sementara dalam bidang pengabdian masyarakat, saya tidak pernah melewatkan kesempatan untuk sharing ilmu pengetahuan bahasa inggris kepada masyarakat dengan cara terjun langsung ke lapangan.

Selain mengembangkan hardskill, saya juga konsisten untuk mengasah pengembangan softskill saya dengan mengikuti seminar dan workshop yang diadakan di baik di lingkungan kampus UBSI maupun yang diselenggarakan oleh pihak lain. Saya juga mengikuti pelatihan Personal Development selama 2 hari yang diadakan oleh Universitas Bina Sarana Informatika pada tahun 2018 di Kampus UBSI Kaliabang. Kegiatan seminar, workshop, dan Pelatihan yang saya ikuti saya upload di blog saya di laman (http://sayyiddiyyas.blogspot.com/search/label/Seminar).


10. Target kerja (Min 150 Kata)

Pemilihan metode pengajaran yang tepat di perkuliahan praktek, perlahan mulai membuahkan hasil. Metode student-based nyatanya mampu meningkatkan level percaya diri dan kemampuan mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar. Mahasiswa yang tadinya cuek, dituntut untuk lebih aktif lagi dalam belajar sehingga mereka tidak hanya disuapin saja.

Penggunaan media pembelajaran daring seperti Google Classroom dan Google Meet di masa sekarang juga mampu menjadi alat yang ampuh untuk menyampaikan materi kuliah meskipun harus #studyfromhome dan #workfromhome. Terbukti mahasiswa tetap mampu mencerna materi dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan stabilnya perolehan nilai tugas yang mereka dapatkan, tidak jauh berbeda dengan perkuliahan tatap muka biasa.

Menjadi dosen pengampu mata kuliah TOEFL, saya dan tim selalu bisa memenuhi target yang dicanangkan oleh Program Studi. Misalnya, mempersiapkan pembelajaran; RPS, RTM, Silabus, dan Kontrak Perkuliahan pada awal semester. Selain itu memperbaharui konten bahan ajar di dalamnya berdasarkan hasil evaluasi yang ada di akhir semester yang diadakan oleh Program Studi juga selalu dengan baik diselesaikan sebelum tenggang waktu agar Biro Teknologi Informasi (BTI) bisa upload ke system web mahasiswa sehingga sebelum perkuliahan dimulai, mahasiswa sudah tahu apa yang akan mereka pelajari selama satu semester ke depan, juga buku referensi yang digunakan. Bagi dosen, dengan mencerna perangkat pembelajaran terlebih dulu, membuat mereka lebih siap dalam menghadapi kawah candradimuka.

Diberikan target yang tinggi oleh Program Studi melalui lembaga bahasa UBSI ketika saya menjadi pembicara sekaligus tutor dalam workshop dan pelatihan English Proficiency Test untuk Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI), Sistem Informasi Akuntansi (SIA), Teknologi Komputer (TK) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Sukabumi pada 11-13 Februari tahun 2020 lalu, saya jalankan dengan baik hingga akhirnya semua calon DYS kampus UBSI Sukabumi bisa sampai masuk tahap D5 seperti sekarang. Sampai sekarang saya tetap menjalin hubungan baik dengan mereka lewat Whatsapp serta saling berbagi info mengenai serdos periode satu tahun 2020 ini.  Kegiatan pelaksanaan Workshop dan Pelatihan tersebut bisa dilihat di blog saya di (http://sayyiddiyyas.blogspot.com/2020/02/workshop-and-english-training-section.html).


You Might Also Like

0 comments

Kindly give me your thoughts. Thank you.