Cara Menghilangkan Noda Oli pada Pakaian yang Membandel

By May 28, 2012



Celana chino gue kena oli. Kiamat kecil.

Kenapa bisa kena oli? Jujur, gue juga gak tau. Mungkin karena abis di-oli-in. Apa sih.

Baru beberapa hari yang lalu gue beli secara online dengan harga yang ehem dari seorang mahasiswa asal Bandung, dan udah sukses kena oli aja. Gue terpukul berat. Gue kecewa tapi gue gak bisa lari ke pantai lalu memecahkan gelas. Mungkin perasaan tersebut sama dengan apa yang dirasakan Saiful Jamil yang menjadi tersangka dalam kecelakaan yang merenggut nyawa istrinya sendiri. Ini lebih dari sekedar jatuh tertimpa tangga, mungkin ini semacam jatuh tertimpa gajah afrika yang sedang mengandung anak kembar 5. Iya, parah banget. Gue stress.

Berbagai macam cara udah gue lakukan untuk mencari tau bagaimana cara untuk menghilangkan noda oli pada pakaian. Nanya followers, gak berguna. Jawabannya reseh-reseh. Nanya caranya ke pak RT bakal lebih gak berguna lagi. Cara paling mudah untuk mencari cara menghilangkan noda oli pada pakaian adalah dengan mencari cara-cara di internet. Pertanyaannya adalah, ada berapa kata ‘cara’ dalam paragraf ini?

Ada yang bilang kalo menghilangkan noda oli pada pakaian sangatlah mudah. Gue gak percaya gitu aja. Yang paling mudah menurut gue adalah menghilangkan noda pada cinta. Tinggal beli deterjen kangen lalu bilas sampai bersih. Selesai.

Dari hasil pencarian di internet, gue menemukan beberapa cara. Camkan ini baik-baik:

Pertama, rendam pakaian tersebut selama beberapa jam dalam air yang mengandung soda. Ini sayang banget. Mending sodanya gue campur susu terus diminum deh.

Cara kedua, pakaian yang terkena noda oli tersebut dapat diolesi dengan margarin dan didiamkan beberapa saat. Setelah itu cuci dengan menggunakan banyak sabun colek sambil menggosok-gosokkan secara gak nyante. Cara ini gak gue pake karena pada saat itu di rumah gue lagi gak ada margarin. So, pass it.

Cara ketiga, cara yang ini berdasar inisiatif gue sendiri setelah gue berfikir keras kira-kira benda apa yang bisa bikin oli lenyap. Saat itu gue berfikir bahwa oli ini mungkin mengandung asam lemak tak jenuh yang membuat doi menempel keras pada kain. Oke, di dapur rumah gue cuma ada sabun pencuci piring yang konon bisa menghilangkan noda minyak membandel. Kita sebut saja Sunlight. Yes, maybe it’s gonna work. Gue berteori “Ah, minyak membandel aja bisa ilang masa oli membandel enggak, sih! Kan sama-sama bandel. Bisa kali. Coba ah.”

Langkah pertama yang gue lakukan adalah menuangkan cairan Sunlight tersebut ke dalam ember yang berisi sedikit air. Apa gunanya? Ini berguna agar air tersebut bisa menghasilkan busa.

Lalu gue ambil lagi beberapa cairan yang kemudian gue oleskan ke beberapa spot-spot pakaian yang udah terkena oli. Gue sikat secara gak nyante lagi selama kurang lebih 5 menit sampai benar-benar yakin kalo oli tersebut udah keangkat. Kalo kamu masih belum yakin dalam waktu 5 menit noda oli bisa terangkat, kamu bisa mencobanya selama 2 hari berturut-turut. Terserah.

Setelah dirasa cukup, pakaian yang udah gue sikat tadi gue rendam ke dalam cairan yang udah gue siapkan sebelumnya. Lama waktunya gak gue tentuin. Tapi bagi kamu yang mau mencoba dengan cara yang berbeda, coba diamkan beberapa saat sampai kamu bête. Jika sudah bête, kucek sambil celup-celup pakaian yang terkena oli itu sampe kamu tidak sadarkan diri.

Lihat hasilnya. Pasti bersih. Yah paling enggak buat gue sih.

Yak, selain ampuh menghilangkan noda minyak membandel, ternyata Sunlight punya kegunaan lain yaitu, MENGHILANGKAN NODA OLI PADA PAKAIAN YANG MEMBANDEL.

Have a try, mate!

You Might Also Like

6 comments

  1. Hahahaa...
    Gokil. Thanks anyway, Bro.
    Kebetulan lagi nyari referensi soal ini dan yes sama gitu deh. Ada yg bilang pake bedak kalo olo masih basah, or pake margarin tdi.

    Oya, tentang pake soda, kayanya yg dimaksud bukan minuman bersoda tp baking soda.

    ReplyDelete
  2. Keren banget ini.. .Hhha. .Boleh di coba

    ReplyDelete
  3. Haha berasa baca stand up..
    Ketawa sndiri aku

    ReplyDelete

Kindly give me your thoughts. Thank you.