Nabung Cerdas

By January 08, 2010 ,

Dua ribu sembilan bisa dibilang tahun yang, ehem cukup na’as buat gue. Tahun dimana gue banyak melakukan kebodohan yang dilakukan setjara sadar.
Dan bagi Negara ini khususnya, apa kabar duniaaa???
Gue sendiri ngerasa kasianan sama negeri ini. Kok gak ada habis2nya ya ketiban sial, apes terus. Padahal kalo difikir2 pake otak yang waras sebenernya negara ini gak belagu kayaknya, gak sombong, juga yang solat masih banyak. negara dengan orang2nya yang sering senyum, sehingga dapet predikat nomer satu dunia sebagai negara paling banyak orang senyumnya(senyum orang gila juga diitung).

”Emang ada kejadian apa aja sih ditahun 2009, gw lupa?” Tanya orang yang menderita disfungsi ereksi kepada gw.

“Banyak, mulai dari Bom yang terus disusul emyu yg gak jadi dateng besokannya (bodo amat), situ gintung ikut2an ambil bagian, Gempong Sumatra, banjir di Jakarta, papan reklame yang roboh, timnas Indonesia yang gagal total (U-19;U-23;SENIOR)=PSSI bermasalah, persija yang gak boleh main di Jakarta, inter milan yang masih belum bisa menangin liga champion( tapi tetep juara liga Italia dooonkk ), ilangnya sendal jepit kesayangan gw, sepatu futsal gw yang jebol sebelah, kipas angin rusak, cerainya pasha ungu, cerainya Anang ( ”AKU, AKU CEMAS SAMA AUREL,GIMANA YA.. INI KEPUTUSAN TERBAIK YANG BISA PIPI AMBIL...” ngok!) ama KADE yang udah 13 tahun bersama, wafatnya orang2 penting kaya maykel jeksyen, mbah surip, WS Rendra, tetangga gw, dan di akhir tahun di tutup oleh KH Abdurrahman Wahid.” Gw menjawab sembari terengah-engah.
Itu hanya segelintir aja yang terjadi tahun lalu.
Ngingeet and nyebutinnya aja udah capek.
Kalo di-Rewind lagi kayaknya gak mungkin. Dibilang, kasian.

Buat nama yang terakhir disebut(baca: Gus Dur), kalo kalian lagi pake topi maka angkat topi kalian. Kalo lagi pake baju lengan panjang, singsingkan lengan baju kalian. Kalo kalian lagi bawa Al-qur’an bacain buat beliau. Kalo kalian Cuma apal Al-fatihah. Gak papa, baca aja. Kalo kalian gak hafal apa2, sebaiknya kalian cepet2 tobat.

Semoga Allah SWT menerima amal2 perbuatan baikmu dan memaafkan segala kesalahanmu ya pak.
Fyyuuuhhhhh... satu lagi orang unik ilang.

۩

Pada awal tahun dua ribu sembilan ato akhir taun dua ribu lapan kemarin gw sebenernya punya resolusi yang dahsyat, paling enggak menurut gw.
Saat itu gw bertekad agar 2008 yang kelam gak akan terulang lagi ditahun 2009. saat itu sih yang ada difikiran gw adalah bagaimana supaya ditahun 2009 ini gak lebih bokek dari tahun 2008 dan bisa bersenang-senang diakhir tahun kelak.

Aha, gue punya ide cerdas.

gua mau nabung.
Kyyakhhaahaaa
Ya, MENABUNGG!!! IDE CERDASSSSS.... GUE harusss Lakukaann hall ituuu!!!!YA, Harusssss dilakkukannn.

Pada saat itu gw berfikir kalo nabung adalah solusi jitu dari permasalahan gue selama ini. Menabung dari awal bulan januari sampe nanti akhir tahun pasti akan kekumpul jumlah yang tidak sedikit.

Itung2annya gini:
“ minimal sehari nabung aja lima ribu. Seminggu udah 35 ribu, sebulan 140 ribu, setahun?? Satujutaenemratusdelapanpuluhriburupiah. Belom lagi kalo ada hal2 yang tak terduga datang, yang bisa memberikan keuntungan Devisa. Wow, angka yang cukup tinggi. Ini adalah benar2 ide yang Cerdassss. Gak bisa buat pergi haji, yaah paling enggak bisa beli sepatu(pergi haji - beli sepatu = jauh banget). ”

Kebetulan setjara tidak disengaja, pada saat itu sepatu2 gw udah pada usang dan gak layak pake. Pernah nonton saolin soccer kan?merhatiin sepatunya Chow Yun Fat juga kan?
Coba inget2 pas diadegan ada sepatu2nya.
Kurang lebih kayak gitu deh. udah jebol, warnanya pudar, terus bagian2 yang sobek ditambel pake hansaplast yang motifnya bunga2 gitu, lucu deh. maksudnya supaya enak diliat, keliatan bagusan dikit dan lebih berwarna paling enggak, tapi gak ngaruh. Yang ada malah kelihatan kayak remaja labil kekurangan gizi.

Disitulah awal mula gue kepikiran untuk beli sepatu. Kayaknya kalo duit tabungan yang tadi udah diprediksiin buat beli sepatu dari merek apa aja juga bisa. Dan gak abal2.
Oke mulai sekarang kita cari sepatu yang asli, soalnya percuma kalo beli sepatu abal2 murahan gitu, sekali dipake ngebajak sawah juga udah jebol.

Hhmm...
Otak gue mulai berfikir kira2 sepatu apa yang paling cocok buat remaja tanggung kaya gue ini. Beli yang warnanya merah?item?ato putih lagi?motifnya bunga2 ato darah2 gitu?
Apalah warna dan motifnya yang penting awet.
Saat itu sih gw udah ngincer2 sepatu converse. Buat menunjang aktivitas gue.
*Inconspicuous knackered converse. Tsaahh

Tapiiiii... kok duit gue kurang ya buat beli itu?kurang banyak lagi...mhahahha

Wah gue harus nabung nih, buat nambahin kekurangannya.

Oke gue nabung. Disitulah ide cerdasss itu muncul. sepertinya turning point dari idup gue adalah membeli sepatu baru. Saat itu gue semangat banget, sampe2 dipaksain ngirit seirit-iritnya. Gak liburan ke ostrali dulu deh tahun ini(ceileee boongnyaa).

Semua itu berjallan mulus,ketika satu bulan kemudian.


Tiba2 semua rencana itu gatot, berlalu ditiup angin muson barat dan gak berjalan sama sekali, tersendat2, padat merayap.

Baru sebulan udah diambil.


Oke nabung lagi, oke diambil lagi.
Ah nabung lagi ah, ah ambil lagi ah.
Ayoo doonkk nabung, ayoo doong ambill.
Ih kok gak nabung2, uh kok gak diambil2.
Beq Beq Beq BeqGitu2 aja terus. Sampe berbulan-bulan. Kayaknya tangan tu gatel banget kalo gak megang duit.

Oh iya, gue nabungnya pake celengan bebeq2an dari plastik gitu. Kalo gak salah ni celengan udah dari jaman SMP deh, dan bentuknya udah gak kaya bebeq juga, lebih mirip entog. iyeee sama, gue tau.
kenapa mesti celengan bebeq? kenapa juga plastik?
Disini gue punya pertimbangan sendiri.
Gue memake celengan bebeq2an dari plastik adalah agar memudahkan kita sebagai pengguna untuk mengambil duitnya ketika udah penuh nanti tanpa perlu dibelah-belah atopun dibanting2 supaya pecah.
Sampe disitu semua masih normal dan masih kelihatan cerdas.

Namun kemudian yang jadi masalah adalah bolongan buat masukin duitnya ada banyak dan gede2. Namanya juga celengan bekas dari zaman SMP, udah pernah dipake pula, ibaratnya udah diperawanin deh. Maka jadilah celengan tersebut gak pernah penuh2 dan lobang2 itu hanya menjadi momok besar bagi tangan gatel ini yang selalu ingin ngerogoh-rogoh lobang tersebut.
Gue heran kenapa waktu itu berlalu sangat cepat.
Gak terasa udah bulan desember tahun 2009, gw cek celengan sambil senyum mesum dengan mengharapkan hasil melimpah yang didapat.

Bagaikan lagi maen pe es terus mati lampu, gue kaget sekena2nya.

Keenakan ngerogoh-rogoh lobang dari lama, sehingga melupakan saldonya.

“Lah, kok Cuma ceban??
maderodok, kecoa kawin terbang, kucing bertetek 6, jerapah salto!!
Pasti ada sesuatu ni, masa nabung udah dari lama cuma segini. Ah gak masuk akal!” *syhockk

Saat itu yang terlintas dipikiran gue adalah tuyul dan babi ngepet yang dulu sering gw tonton pilem2 bodohnya di tipi. Eniwei, emang beneran ya kayak gitu? Tuyul yang minta tumbal dari anggota keluarga yang miara dan babi yang gesek2 tembok trus dapet duit, sementara disisi laen ada yang jagain lilin. Kalo babinya lagi panik dikejar masa, lilinnya kedip2 kaya ketiup angin gitu? Terus kalo lilinnya dimatiin babinya ngilang gitu?
kenapa juga ngepet? Ngepet tu bahasa apa ya? Apakah kata dasar Pet yang diberi prefiks Nge- ???

”Pasti ada yang miara tuyul ni ato gak babi ngepet. Bener2 gak masuk akal, udah nabung dari kapan tau, masa Cuma dapet segini? Ini mah gak bisa buat naek haji.” gw melanjutkan bergumam.

“Tapi masa iya celengan gw yang dibobol? Kayaknya masih banyak orang yang duitnya lebih banyak dari gw. Gw liatin kakak gw fine2 aja tuh, gak keliatan keilangan sesuatu. Apa karna ulah gw sendiri ya?apa adik gw yang nekat ngambil karna gw gak pernah beliin es krim?ah masa iya. Kenapa ya bisa begitu?apa yang terjadi?masa sih?kok gitu?emang apa?emang pak erte kawin lagi?emang dufan diskon lagi?” 1001 pertanyaan kritis terlintas dipikiranku.

Akhirnya setelah berjuang untuk menerima kenyataan pahit dan berpikir positip, gw pun sekarang sadar dan mengerti kenapa hal itu bisa terjadi.
Terus gue bergumam lagi...
”Iya ni kayaknya, gara2 gw sering ngerogoh-rogoh celengan dari dulu, trus saldonya gak dicek2. jadinya begini, gak sadar kalo duitnya udah abis.
Hadooohhh... sirna sudah harapanku. Kalo begini mah mending dibeliin pulsa aja deh.”

Akhirnya dengan sangat menyesakkan hasrat untuk mempunyai converse tersebut harus ditunda dulu sampai waktu yang belum ditentukan. Dengan langkah gontai gue berjalan untuk membelanjakan pulsa.

Hari2 gue jalani tanpa terbersit sedikitpun sama bentuk sepatu, sehingga gue bisa dengan mudah melupakannya dan menata hidup baru. Gue harus berfikir kedepan. masa depan gue masih panjang, jangan sampe hancur berantakan Cuma gara2 gak beli sepatu baru, nista banget.

۩

Tittit Tittit...
Ternyata ada yang sms, ternyata kakak gue.

"converse lg diskon akhir tahun tuh sampe tanggal 3 januari, bisa ampe 70% an. Harganya jadi 150an. Lo cari ja di sport station dmn aja, bepe juga da.”

* maderodok, kecoa kawin terbang, kucing bertetek 6, jerapah kayang!!

Gw bales
“ lagi bokek gw, beliin donk.”

Dibales lagi
“lo punya berapa? Gw tambahin deh ni 100rb.”

Gw bales lagi
“ ada ceban doang.”

Dibales lagi
“ mati aja lo. Kalah banyak gw.”

Gw bales lagi
“ gw ngredit deh ke elo, nanti gw bayarnya seminggu sekali.”

Gak dibales lagi.
Mungkin dia nyadar kalo dia lagi diakalin sama gue, dia tau kalo gue pasti gak akan bayar.


Pertautan batin pun dimulai lagi.
Gw heran kenapa bisa begini, kayaknya semua momen pas aja gitu. Saat gue lagi butuh trus gue usahain supaya tercapai malah gak tercapai, tapi tiba2 hal yang udah tak tercapai itu seperti membuka pintunya kembali dan mengajak masuk.
Seakan-akan mereka bekerja sama untuk ngeledek dan nge-wewe-in gue.

Lo tau kan penyakit kekurangan yodium?
Gondok!

Yaahhh mungkin memang semua itu sudah digariskan begitu, mungkin semua memang berkomplotan mau menjebak gue dan nge-wewe-in.
Mau diapain lagi.
Biarin deh, terima nasib aja dengan lapang dada. Semoga terealisasi ditahun 2010 ini, semoga ada diskon lagi, dan tentunya beberapa resolusi yang tidak bisa ditulis disini dikarnakan faktor keamanan. Amiiinn

Kata yang digaris bawahin = kata dasar: Ogoh

You Might Also Like

0 comments

Kindly give me your thoughts. Thank you.