Rambut grepes is cool

By January 19, 2010 ,

Masa masa SMA memang masa yang paling indah, senista apapun jaman SMA kita, pasti akan menjadi manis ketika sudah lulus.
Bahkan hal kecil, sepele, gak penting, gak berguna, gak bermoral, pun akan menjadi sesuatu yang sangat indah untuk dikenang kembali ketika udah lulus. Kaya gue, dulu suka banget maenan di comberan sehabis pulang sekolah, sumpah sekarang pengen banget buat ngelakuin hal itu lagi bareng temen2. gue kangen ngubek2 comberan lagi teman. Dimana kalian sekarang?

Gue sendiri gak bangga dikenal sama beberapa guru bukan karena prestasi akademik gue, seperti beberapa murid jenius lainnya yang bisa juara olimpiade sains se-jakarta ato menang baca puisi di tingkat manula.
Paling2 cuma ngewakilin kelas ikutan lomba nangkep belut pas lagi 17-an, itupun gak menang.
Gue sebenernya gak bego2 banget. Terbukti gue pernah jadi kepercayaan oleh sebuah guru untuk memoto kopi contoh2 soal UAN. Bagi gue itu udah bisa dijadikan acuan untuk menunjang prestasi akademik gue. Paling engak masih ada yang percaya sama gue selain orang tua.

Bisa diitung lah guru yang kenal sama gue, gak tau kenapa waktu jaman SMA dulu kalo nama kita bisa dikenal sama guru gitu derajat kita akan naik beberapa derajat dimata biawak-biawak sekitar.

Kalo kata temen gue.

“ eh guru bisa ngenalin murid tuh karna ada dua hal tauk.”

“oiah?apa tuh?” tanya gue belagak gak tau, biar seru.

“ kalo gak tu murid pinter banget, yaaa tu murid bego dan bandel banget. Kalo yang biasa2 aja mah gak bakalan dikenal lu.”

”iya juga ya, gak mungkin gue bisa dikenal karena kepinteran gue. Matematika aja remed mulu.”

Otak gue gak sesingkat itu buat sok2an nampang/carmuk didepan guru. Gue juga gak berbuat hal2 liar seperti manjat pager sekolah atopun makan saat ujian sedang berlangsung hanya untuk dikenal ama seorang guru.

Lebih dari itu semua. Gue adalah gue, masa bodoh dengan popularitas dan eksistensi disekolah.
Gue tetep jalani hari2 bersekolah apa adanya dengan baju jangkis dan rambut gondrong. Bagi gue itu udah sangat amat nyaman dengan menjadi diri kita yang sebenarnya tanpa ngikut2 orang lain ato berusaha menjadi sesuatu yang norak.

Tunggu, apa tadi? baju jangkis dan rambut gondrong?

Yeah, itulah gambaran singkat diri gue jaman SMA. Gambaran secara garis besarnya yang gue inget pas jaman dulu, kira2 seperti ini :

1. Terlambat masuk sekolah terus, bukan karena rumah jauh, tapi karena bangun kesiangan.

2. rutin kena razia rambut.

3. baju jangkis.

4. prestasi akademik?hmmm... Waktu itu pernah sih jadi panitia gitu trus dapet sertifikat, prestasi akademik bukan yaaa??.

5. sekupu-sekupu (sekulah pulang-sekulah pulang).

6. dipanggil guru beka.

7. mendadak pelajaran b.arab ilang semua dari otak.

8. inget pesen temen waktu kelas X “ kapan lagi ya kaaaann seneng2, nge-duain, nanti kalo udah lulus lo cuma mikirin masa depan dan kawin, kawan.”


Sebenernya, agak nyesel juga punya rambut yang cepet banget panjangya, karena hanya akan menjadi bumerang saja yang bisa membahayakan jiwa kita di masa2 yang mengharuskan rambut pendek cepak seperti burung onta.
Karena rambut tadilah mungkin gue jadi orang yang paling sering kena razia rambut di sekolah, khususnya di jurusan IPA. Karena mereka semua taat kepada aturan sekolah, jadi rata2 dari anak IPA tu rapi2 gitu.


Pernah suatu hari kena razia rambut sampe dua kali.


Jadi,

pada suatu senin pagi yang cerah, seperti hari2 biasanya gue harus menjalani rutinitas membosankan harian, yaitu Sekolah. Seperti halnya hari2 biasa juga, hari itu pun gue bangun kesiangan.

Udah beberapa tahun ini gue memang selalu bangun siang.
Bangun jam 6, sedangkan jam 7 kurang 15 pintu gerbang udah ditutup. Belom mandi, belom sarapannya, belom diperjalanannya.
So pasti, hampir setiap hari gue pasti telat. Sekali lagi, hampir setiap hari!
sampe2 guru pembimbingnya udah bosen ketemu gue (sebenernya sii gue yang bosen).

Seperti kebanyakan senen2 laennya, ada upacara bendera. Sepeti biasanya juga gue terlambat. Jadilah, gue dipisahin sama rombongan haji yang lain, gue diasingkan bersama beberapa manusia bermata ngantuk lainnya. Saat itu ada sekitar sepuluh orang yang dijejer dibawah terik matahari layaknya ikan asin.
Saat itu benar2 gue marasakan jaman VOC kembali hadir, kita seperti orang2 yang akan disuruh kerja rodi. Dan, guru2 pun terlihat seperti Kompeni2 overdongkrak.

Guru2 bermuka bengis mondar-mandir disekitar barisan gue sembari membawa gunting, seolah2 mereka semua berkata.

“AH, BAPAK SUDAH LAMA TIDAK MENYUNAT BOCAH INGUSAN, SEKALIAN BAPAK MAU BIKIN TETELAN SAYUR SOP BUAT ORANG RUMAH.”

Saat itu yang terlintas dipikiran gue adalah adegan pilem “I know what you did last summer”, cuma bedanya mereka tidak menggunakan hook bajak laut, melainkan gunting!
kita semua akan mati mengenaskan dan dibunuh secara tragis menggunakan gunting kertas!

Keringet dingin sulit dihindari pada saat itu, kita bersepuluh menelan ludah terus menerus sampe kembung, saking ketakutannya. Bahkan ada pula yang sampe kencing dicelana. Sungguh, pada saat itu suasana benar2 mendebarkan.

Teetttttttttt...

Bel berbunyi menandakan upacara selesai, gue seneng banget karena penderitaan hari itu akan segera berakhir. Doa gue untuk mempercepat waktu sepertinya dikabulkan.

Tapi tiba2 gue teringat akan satu hal.
“Buat apa ya tadi itu gunting? Gak mungkin banget kalo cuma buat dipamer2in.”

“YANG TADI TERLAMBAT JANGAN BUBAR DULU!” suara ghaib bergema dari arah belakang gue.

“Mampus, ada apa lagi nih. Gueee udahh geseengg. Masya Alloh, masi disetrap lagi.” Sambil nengok kebelakang.

“COBA KAMU KESINI.” Suara ghaib itu menunjuk kearah gue sambil mengasah-ngasah guntingnya, benar2 seperti Kompeni.

Gue dengan langkah gontai berjalan menuju suara ghaib tadi.

“KAMU KALO RAMBUTNYA PENDEK, RAPIH, PASTI KELIATAN GANTENGAN DEH.”

Cekrekk...greekkk..kreekkk...srrrettt..sllaaarrtttt...

Tanpa basa basi bisu, suara ghaib tadi berhasil mencukur sebahagian rambut kesayangan gue. Ternyata dari tadi dia mondar-mandir hanya untuk men-survey rambut gue dan beberapa siswa lainnya.
Dengan pasrah gue menerima kenyataan kalo rambut gue digunting sama kang cukur dadakan itu.

“yah pak, sebelah sini dicukur juga dong. Masa Cuma sebelahnya doang.” Gue memprotes tak percaya akan apa yang baru saja gue alami.

“AH, SUDAH SANA MASUK KELAS. SUDAH TELAT BERAPA MENIT KAMU.”
(nnyaang bikin telat sapeee???)

Kamar mandi menjadi tempat yang paling pas buat ngecek gemana model rambut terbaru gue itu. Di depan cermin, sontak gue kaget setelah melihat diri gue berubah jadi Johnny depp.

”Buseettttttttt..... Apa-APAan iniiiii???? TIDAAKK MUNGKINNN!!! Rambut gue gerepes sebelah gini!!!”

Gue tetep tegar, berusaha menerima kenyataan dengan lapang dada dan melewati hari senin suram itu dengan senyuman (maksa).
Semua orang menertawakanku dan bertanya2 apa yang terjadi dengan diriku sehingga rambut bisa gerepes sebelah seperti carli caplin.

Tettttttt.....
Bel lagi...
Kali ini bel istirahat.

Kejadian tadi membuat perut menjadi lapar, belum lagi menjawab pertanyaan2 wartawan mengenai model rambut terbaru gue. Akhirnya, gue memutuskan untuk mencari makanan yang bisa bikin kenyang sambil nutup2in rambut grepes tadi.

Masa bodoh dengan rambut iniii... guaa harus keluar cari makanan!!guaaa laperrrr...


Tiba2 dalam perjalanan ke kantin..

”HEY, KAMU SINI!”

Tiba2 suara ghaib itu muncul lagi dari belakang gue, tapi kali ini dengan suara dari orang yang berbeda.
Gue nengok kebelakang dan berharap yang manggil tadi berwujud manusia.

”kenapa pak?” gue menjawab dengan tampang tak berdosa.

Cekrekk...greekkk..kreekkk...srrrettt..sllaaarrtttt...

”ya Alloh pak, saya tadi udah kena razia.”

”RAZIA APAAN? RAZIA BENCONG?”

”pak ini tadi rambut saya udah dipotong yang sebelah sini sama pak S, tuh. Masa kena lagi.”

”SUDAH KAMU DIAM SAJA.” ujar si suara ghaib sambil membabi buta memotong rambut gue.

Pasrah, setelah sekian detik. Rambut gue lengkap gerepesnya sekarang.

“ini sekolahan guru2nya pada obsesi jadi kang cukur rambut apa ya?” ngedumel sewot sambil emosi diiringi rasa malu, gue melanjutkan perjalanan menuju kantin yang makanannya gak enak itu.


pulang sekolah?
Minjem topi adek kelas.

Those episodes completly ruined my day.

You Might Also Like

4 comments

  1. ckckckck siapa id yg tlh memperlakukan lo dgn tdk senonoh sprti itu?
    sgguh terlalu, mempersempit lapangan kerja tukang cukur saja

    ReplyDelete
  2. pak sopyan aritonang. gue denger2 sekarang dia udah punya salon lhoh. bakatnya kepake juga deh akirnya.

    ReplyDelete
  3. ah masa si cuy? yg bener dya pnya salon?

    ReplyDelete
  4. iya beneran, nama salonnya Sopyan suwarno barber shop..

    ReplyDelete

Kindly give me your thoughts. Thank you.