Baduy Memanggil Part 2

By September 07, 2011

… … …

3 september 2011, Hari pertama di Baduy luar.

Yep,  gue masih penasaran sebenernya ada apa sih disini sehingga ada banyak orang yang rela jauh-jauh dateng buat jalan kaki berkilo-kilometer. Sepanjang perjalanan gue menuju baduy luar, GAK ADA APA-APA. Kanan kiri hanya hamparan pohon-pohon yang tinggi menjulang disertai jalan yang berbukit-bukit. Dingin juga enggak. Cuacanya gak jauh beda lah sama Jakarta. Cuma gak ada 21 aja.

Kecuali…

Seorang gadis Baduy unyu yang menyolok mata.
Kekhawatiran gue tentang jatuh cinta sama anak kepala suku yang tadinya dikira cakep tapi ternyata serupa dengan gardu listrik, perlahan mulai terbantahkan. Gue sih gak jatuh cinta beneran, tapi cuma heran aja kenapa bisa ada pemeran “Kubelah Kau dengan Bismillah” yang juga main dalam sinetron “Cinta Cenat-Cenut” ditempat macam ini? Pake tengtop pula.

Ohya bicara soal tengtop, wanita-wanita Baduy luar GAWL GILA. Gak kalah sama remaja labil ibu kota. Mereka pada pake tengtop semua. Setelah gue perhatiin semenjak menginjakan kaki di Baduy luar, ada 3 jenis warna tengtop yang nge-trend di sana: Biru muda, Hijau, dan Ungu.


Setelah gue perhatiin lebih jauh, ternyata warna tengtop itu didasarkan pada umur si pengguna. Contoh, untuk tengtop yang berwarna Biru Muda which is my favorite one, kebanyakan dipake sama wanita-wanita yang masih abege, hijau buat yang umurnya lebih tua, dan ungu buat yang udah uzur. Sekali lagi, ini cuma tebakan gue aja setelah memperhatikan tengtop-tengtop yang bertebaran disana, kebenarannya masih diragukan. Tapi sebagai salah satu syarat buat bikin mall udah tercapai kan? Wanita ber-tengtop. Yak, siap-siap aja bentar lagi bakal ada Baduy Town Square!
*ini penting gak sih ngebahas tengtop?

...

Masih di hari pertama, gak ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Mungkin kita semua sudah terlalu lelah dengan semua ini. Lagi juga mau kemana? Tempat paling keren menurut gue disitu ya cuma sungai yang bisa dibuat mandi. Iya… sore hari kita habiskan hanya untuk mandi di sungai yang udah hampir surut dan melihat orang yang lagi man... Ah, sudahlah.

Menginjak malam hari, yang bisa kita lakukan hanya ngobrol, ngobrol, dan ngobrol. Kalo saat itu diantara kita ada yang pacaran, pasti hubungannya jadi lebih langgeng karena waktu buat ngobrol banyak banget. Tapi emang ada yang lagi Pedekate sih, liat aja, dikit lagi juga jadian. Uhuk! *keselek angklung

Mendadak ada 2 bocah sontoloyo datang menawari jajanan…

 “A, kopinya A? Pop mie-pop mie?”

Di karenakan gue gak ngerti bahasa sunda, gue jawab pake bahasa Indonesia yang telah disempurnakan.

“Berapaan ini kopinya? Namanya siapa? Ohya, ngerti Bahasa Indonesia kan?”

“Nteu!” Dijawab sambil geleng-geleng pake nyengir. Jadi pengen gue sambit.

“Namanya siapa? itu tau gak baju bola apa yang dipake?” gue berondong pertanyaan.

Dia jawab “Edi, %@@#^*@&..BLEP..BLEP..BLEP…”

“Oh gitu, ini kalo saya pake Arsenal.” Mereka nyengir lagi.
“Terus satu lagi teh saha namina? Rumahna dimana?” Gue coba bertanya campur pake bahasa sunda. Gampang, cuma tambahin NA aja belakangnya.

Landak, Drogba, n Fabregas
Di jawab singkat. Padat. Jelas. “Kardi.”

Bingung nyari topik apa, balik ke soal baju tadi “Eh Edi, itu tau enggak baju tim apa yang dipakena mukena?”

“#@@^@%@!@#!%$%” Jawab Edi masih pake nyengir. Gue makin gak ngerti.

Setelah beberapa menit gue ngomong apa mereka ngomong apa. Dari pada gue jorogin mereka ke sungai. Oke, gue nyerah! Gue memang gak berbakat buat jadi orang sunda. Akhirnya mereka berdua gue diemin. Tugas tersebut diambil alih sama Ipul temen gue yang katanya pernah belajar bahasa sunda waktu SD. Dan mereka masih tetep ngobrol.

Edi: “^$#&&^%&*#$& BLEP…BLEP..BLEPPP….”
Ipul: "Bleh...Bleh..Bleh..^&@@#@#$#^%^&..."
Kardi: “Ho oh ETA &#%^&$%#$&#$&#^$&%…”
Edi: “BRRRRR…BRRR…BRRRR..$%#&$&#%^&#%^zzz…ZZZ…”
Kardi: “Gonjales @#%%#^!)()* Irpan Badim #$^%$*(*&!@$#...”
 

Menginjak pagi hari, kita bersiap untuk menuju ke Baduy dalam. Mungkin ini sebenernya inti dari perjalanan kita. Mungkin ini yang dicari oleh orang-orang. Pengen ngerasain keprimitivan!

APA!! Orang jauh-jauh dateng cuma pengen ngerasain keprimitivan? Apa sebegitu modernnya kah kita sehingga harus melakukan ini semua? Konon katanya, jarak perjalanan untuk mencapai Baduy dalam mencapai 11 km. INI GILA!

“Jauh-jauh jalan kaki naik turun bukit sejauh 11 km cuma buat pengen ngerasain gimana rasanya jadi orang primitive? Semenjak kita menginjakkan kaki di baduy luar aja kita udah gak dapet listrik, apalagi sinyal henpon. APA ITU GAK CUKUP???” gue masih ketakutan di pantek dikayu.


Namun, semuanya sudah menjadi bubur. Kita harus terus melanjutkan perjalanan ini karena jika tidak, kita semua akan dikutuk menjadi Es cendol.


Perjalanan diawali dengan menyebrangi jembatan cinta... 

Suramadu mah lewat!















Track-nya bervariasi, kadang ada hutan lebat, pohon duren, pohon bambu, terus 5 menit kemudian tanah tandus. Ini gak bagus buat kesehatan, bikin kulit cepet item.


hutan

lalu tanah tandus

masih tanah tandus

Abis naik, turun lagi
lalu pohon bambu
lalu kita tepar











Mang Sarip berkata dalam celotehannya yang keseringan gak penting itu, tanah tandus kaya gitu mau ditanami padi. Iya.. gue juga heran bisa numbuh apa enggak, katanya sih bisa. Yah, namanya juga komedi.

Setibanya di desa Baduy dalam...
ADA YANG JUAL POP MIE DAN JAJANAN WARUNG KAYA DI RUMAH GUE!

Ternyata apa yang ada di bayangan gue soal pedalaman seperti yang diceritakan di film-film warkop gak ada. Gue gak jadi dijodohin sama anak kepala suku dan gak jadi berburu babi hutan. Mungkin iya cara berpakaian mereka layaknya warga suku pedalaman.
Namun, kenyataanya mereka sudah tau uang. Disitu sudah ada yang menjual pernak-pernik tentang ke-baduy-an sebagaimana gue temuin waktu masih di Ciboleger, kaya: gantungan kunci, gelang, kalung yang terbuat dari pernisan batok kelapa, dan cinderamata lainnya yang gak mungkin di bikin di situ. Tau artinya apa? Hmmm...

Salah satu larangan yang katanya tidak boleh di lakukan adalah foto-foto selama berada di Baduy dalam. Sayang sekali jadi gak punya fotonya. Huffvt

Disana kita cuma singgah selama sejam untuk makan siang dan sholat Dzuhur. See? Kita aja boleh sholat. Jadi gak bakal ada juga acara di pantek dikayu karena kencing sembarangan.

Selesai sholat Dzuhur, kita balik lagi ke Baduy Luar. Masih pake track yang tadi, tinggal di balik aja.

Dalam perjalanan, Mang Sarip bikin tebak-tebakan yang penting banget buat orang yang pengen bunuh diri... "Apa bedanya Sarang burung sama Rok mini? Hayo tah!"

Gue yang kebetulan berada di belakangnya mencoba menjawab "Sama-sama lebat, mang." gak tau kenapa gue bisa jawab itu.

"Salah!" dia bales "Nih ya, kalo sarang burung di buka burungnya pada keluar... Tapi kalo rok mini di buka, burung pada masuk."

-___-"

*mendadak hening


... ... ...


Tiba lagi di Baduy luar ketika Ashar menjelang, udah gak ada yang bisa ketawa. Kita semua memutuskan untuk Mabar (Mandi Bareng) di sungai terdekat untuk mencoba menghilangkan keletihan.

udah gak nyantai

pijet-pijetan dulu

kris Jon versi baduy

lulus sensor



sempet-sempetnya bawa kamera pas mandi

Yang wece-wece gak foto-foto, jadi gak bisa gue tampilin di sini. :D

Malam harinya, masih gitu-gitu aja. Main kartu, ngobrol sama Edi dan Kardi yang setia nongkrong di tempat kita meski dagangannya gak di beli (malah dimakanin sendiri), makan masih pake indomih + sossis tinggal lep, ketawa-ketawa, sama ngobrol pake bahasa alay. Konon bahasa ke dua setelah bahasa sunda disana adalah bahasa alay.

daripada babi hutan




NaMMa AqqU SaiPul BacHriE diSappa IpulliipIiangCeLLaLLUImmOedHHCeLammanYYuuAA


panpel siap-siap duit buat pulang besok




Matahari menyembul di hari ketiga. Saatnya kita untuk pulang...

Semua kenangan, pengalaman, teman baru, tak akan terlupakan. :)

Sampai jumpa, Baduy!

*Foto-foto terakhir sebelum pergi dan sebelum batre abis.


w/ penjaga villa (lah ini bukannya yang kenek itu ya?)



Nah kan ada yang cinlok. Bikin lambang luph.

Sekian.



You Might Also Like

3 comments

  1. nice trip.... :)

    ReplyDelete
  2. lebay nii -_- , tapi itu yang buat mesem2 sendiri klo lagi baca : wkwkwk

    ReplyDelete

Kindly give me your thoughts. Thank you.