Baduy Memanggil Part 1

By September 06, 2011


Baduy memanggil, gue menjawabnya.

Buat yang belum tau apa itu baduy, ada baiknya kalian googling dulu biar gak salah persepsi seperti nyokap gue. Ketika pengen izin untuk 3 hari gak ngepel rumah, gue bilang "Ma, mau ke Baduy nginep 3 hari nih."

"Badoy, eh apa tadi? Badey? Dimana itu? Hati-hati jangan renang jauh-jauh, nanti tenggelem." Dijawabnya berasa bener tebakannya.

"Baduy Itu bukan nama Pantai! Semacam pedalaman gitu." Gue asal jawab. 

"Oh, yaudahlah... Asal langsung ngepel aja ampe rumah."

-___-"

Oke lanjut, perjalanan ini semua berawal dari ajakan seorang temen yang pengen banget ke Baduy. Jujur, gue sebenernya gak tau sama sekali bentuk dan rupa Baduy itu macam apa. Cuma denger selentingan obrolan dari teman-teman tentang keprimitivan yang masih ada disana. Ada banyak larangan-larangan, terutama di Baduy dalam, seperti gak boleh poto-poto, gak boleh nyalain hape, gak boleh pake sabun, gak boleh gak pake celana, gak boleh sikat gigi pake semen, yah semacam itu lah.
Iya... gue pengen tau seberapa menarik kah Baduy sehingga banyak orang yang pengen kesana. Sebenernya ada apa sih disana? *Membuncah-buncah

Entah karena keseringan nonton film warkop ato acara-acara jelajah-jelajah pedalaman gitu. Tau kan?Kaya Jejak Petualang, Primitive Runaway, Peppy The Explorer, Dora The Explorer, dll. 

Yang ada di pikiran gue tuh kalo udah masuk ke suatu pedalaman pasti muncul bayangan-bayangan seperti Api unggun, lalu kita nari-nari sambil teriak-teriak BUBUBU BABABA ALALALALA BAMBAMABAMBA CUA CUA BALA BALA... Terus kita pake baju adat setengah bugil, diarak keliling kampung, kalo kencing sembarangan bakal di Pantek di kayu, kalo mau makan harus berburu babi hutan dulu, jatuh cinta sama anak kepala suku yang tadinya dikira cakep ternyata gendut. Parno abis.

Tapi kayaknya bakal seru...
 
Ada sekitar 12 orang dalam rombongan. Absen dulu ya, di antara nama ini mungkin ada yang lo kenal: Ipul, Ubay, David, Lutfhan, Agus, Molen, Mega, Icha, Diah, Imel, Mia, dan Yang nulis.

Mana nih orang gak dateng-dateng!
Perjalanan di mulai saat kita semua sepakat berangkat dan janjian di Stasiun Kebayoran Lama. kereta bakal take off jam 8 teng, dan gue jam 7:20 masih nunggu temen di daerah pasar jumat. Janjiannya sih sebenernya jam 6. Biasalah Indonesia. 

Kebayoran Lama – London Rangkasbitung, harus ditempuh kira-kira lebih dari 2 jam.

IYA 2 JAM... ITU KALO SAMBIL DUDUK MASIH BISA TIDUR MANIS DI KERETA!
Ternyata, nasib tidak berpihak kepada kami. Kita harus...

BERDIRI, PEMIRSA!

BERDIRI! *Ulang lagi biar berasa horor

Ohya bukan cuma berdiri, kita juga harus berdesakan selama 2 jam bareng sama pengamen, bencong, tukang mangga, tukang mijon, tukang kipas, dan tukang-tukang kece lainnya. Semua yang ada di Pasar, ada! Namanya juga komedi.

...

Gak sempet poto-poto, kira-kira suasananya seperti ini

Jangan bilang gak mungkin lho ya
2 jam berlalu tanpa terasa, akhirnya kita tiba di stasiun rangkasbitung. *celingukan panik abis desek-desekan sama bencong

Oke, soal desek-desekan sama bencong gak usah dibahas.

Perjalanan berlanjut, kita harus menuju terminal uweh apa ewuh gitu gue lupa. Nama stasiunnya gak menjual banget yang pasti. Dari situ kita lanjut lagi naik mini bis ke Ciboleger.
Keneknya lagi naro tas di atas


Zoom 1000X

Mini bis di sini tinggal dikasih sabuk pengaman maka jadi Jet Coaster yang ada di dufan. Ekstrim abis. Kalo pada saat itu ada ibu hamil pasti langsung keguguran.
masih bisa senyum










Setibanya di Ciboleger, kita langsung disambut sama patung selamat datangnya baduy dan orang baduynya asli.
welcome!


Di Ciboleger juga, gue ngeliat banner Airin, Atut, Rano Karno. Apa hubungannya? Gak ada! Cuma pengen sharing aja. Gak ada fotonya, liat aja di tiang listrik di daerah ciputat, sama kok.

Ohya, disini juga udah ada Alfamart...
Brand Ambassador Alfamart
Jet leg parah!

Akhirnya kita memutuskan untuk Istirahat isoma sambil menenangkan diri sekitar beberapa jam di salah satu mesjid di daerah situ (bukan salah satu sik, tapi emang cuma ada satu), beberapa ada yang langsung pada B.A.B., gak tau karena efek naik mini bis tadi ato karena keracunan nasi bungkus yang dikasih orang.
prasmanan










Selesai sholat Ashar kita lanjut untuk menemui mang sarip (kan sunda, jadi pake P) guide yang bersangkutang, dan terus menuju ke Baduy luar ato Gazebo. Sempet kaget juga pas pertama ngeliat guidenya.

BUKAANNNN!!! BUKANN KARENA KETAMPANANNYA!!!

Tapi baju yang di pake sama tuh Guide.
Goodboy Badminton aja gitu, men. Gila. Dapet dari mana?
Kumis akyu imoedh khan, qaqa?










Perjalanan untuk mencapai baduy luar katanya mencapai 20 menit tanpa extra time. Gue pandang sebelah mata. 20 menit mah cemen. main futsal aja sejam. Tapi apa yang menjadi kecemenan itu berubah menjadi... Anjrit! 20 Menit disini kaya muterin senayan 5 kali. Gilak!
Jalan terjal kehidupan










Ngaret. Bukan 20 menit tapi 40 menit. Yah, namanya juga Indonesia. Iya.. 40 menit berlalu sampai akhirnya kita tiba di baduy luar. Rumahnya lumayan bagus untuk ukuran pedalaman. Rumah panggung gitu. Semuanya terbuat dari Bambu, rotan, dan kayu. Ini yang kaya begini katanya gak akan runtuh pas gempa karena konstruksi bangunannya yang elastis. Yah bukannya gak mungkin juga ya, Wallahu'alam. Kalo gempanya 5344646 skala richter masa iya gak runtuh juga.

rumah tetangga
touchdown!



Tempat bubu wece-wece
pake ada Angklung segala
bayi baduy
tempat bubu woco-woco



nenek baduy











... ... ...


You Might Also Like

3 comments

  1. udah gw pencet tuh akunya...

    ciee blog baluu, makin alay ajach dech ci qaqaa nich..

    udah ah komenna, akyu capek nich mu bubu duyu

    ReplyDelete
  2. udah cek te-ka-pe gan
    tapi itu tlg diralat deh ih..janjiannya jam 7 kurang koq *ngerasa disindir
    haha

    richa :D

    ReplyDelete

Kindly give me your thoughts. Thank you.