Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Teknologi Terhadap Tingkat Kecerdasaan Makhluk Hidup

By September 10, 2016 ,

Menulis itu butuh waktu yang gak sebentar. Harus benar-benar fokus. Dibaca lagi, disunting lagi, begitu terus sampai siap untuk diposting. Kalau disambi sama kerjaan lain jadinya gini deh, terbengkalai. Satu artikel per bulan aja susah banget. Di sela-sela pekerjaan gue, gue juga sibuk mengisi hari-hari gue dengan hobi baru serta menghadiri acara-acara resepsi pernikahan teman-teman gue setiap weekend hingga menyebabkan gue juga jadi sibuk mencari-cari partner pada setiap minggunya. Huft.

*** *** ***

Suatu ketika di tengah menghadiri acara resepsi, muncul sebuah pertanyaan yang gak ada hubungannya sama sekali dengan event yang saat itu sedang berlangsung.

“Ngapain sih ganti-ganti HP terus, id? Kalau mau ngikutin perkembangan teknologi mah gak akan ada habisnya, gak akan pernah selesai sampe kapan juga.”

“Loh ya justru itu… karena perkembangan teknologi, apalagi HP itu cepet banget, kita harus terus ngikutin biar gak ketinggalan-ketinggalan banget lah. Apalagi HP nih ya, Android apalagi, tiap tahun OS-nya ganti. Kalau jaman HP Symbian sih oke-oke aja gak gitu ngikutin, soalnya pergerakannya gak secepet sekarang.”

Nah begitulah jawaban gue ketika ada seorang kawan yang memberikan pendapat setelah melihat gue sering gonta-ganti HP. Yhaaa masih mending gonta-ganti HP sih daripada gonta-ganti pasangan. Yagasi?

Ngomongin masalah HP, gue inget banget HP pertama gue waktu masih sekolah itu Sony Ericsson J230i. Sedangkan nomor HP sampai sekarang belum pernah ganti. Gitu deh kalau udah sreg mah, susah pindah ke lain hati.
Beberapa tahun berselang, gue beralih ke Nokia 3200. Dulu suka banget ganti-ganti stiker yang nempel di belakang casing HP tersebut, onyo-onyo gimana gitu warnanya. HP yang bisa gue bilang merupakan salah satu yang penuh kenangan saat-saat masa cinta monyet dan pedekate lewat sms. God how I missed that text-message-only moment when nothing was blatant.

Lalu zaman seolah berlari dengan cepat, teknologi berkembang sangat pesat. Malu dong kalau kitanya jalan kaki. Malu sama negara tetangga. Ngikutin perkembangan teknologi aja gak bisa, apalagi turut serta menciptakan teknologi tersebut. Duh, kadang suka sedih. Pengen bikin apa gitu tapi gak mampu. Ingin hati apalah daya.

Pada tahun 2011, muncullah Android di hidup gue. Perkenalan dengan Android ini bermula ketika gue menang kuis dari detik sport tentang Sea Games 2011 yang saat itu digelar di Jakarta dan Palembang. Sebenarnya saat itu HP Esia Hidayah Blackberry tengah berada di masa-masa jayanya. Hampir semua orang yang ketemu sama gue selalu menanyakan hal yang sama “PIN lo berapa?” Ngeselin banget pokoknya.

Namun entah mengapa saat itu gue sama sekali gak tertarik buat punya BB dan merasa gak perlu buat merengek minta duit ke orang tua buat beli BB. Gue masih setia sama Nokia 3200 gue yang batrenya udah ngedrop dan gak akan pernah bisa normal lagi meskipun batre udah diganti beberapa kali. Seriously, batre nokia jadul tuh lobetan ya. Ngerasain juga gak sih?

Hadiah gue menang kuis saat itu adalah Samsung Galaxy 5, sama-sama 5, tapi beda jauh sama S5. Lumayan juga nih.


Kalau dilihat, spesifikasinya cupu banget, dilihat di tahun 2016 ini ya. Tapi kalau di tahun 2011 mah bagus itu aseli. Setara BB curve 8530 sepertinya. Tapi gak pernah error sampe cabut batre segala sih. Jadi kalau waktu itu ditanya lagi tentang PIN, pasti gue jawab "Sorry gak pake BB, adanya WhatsApp. Bisa watsapan gak BBnya?" Lalu kita tak lagi saling berbicara.
Namun sayang Galaxy 5 gue berakhir tragis setelah lagi asyik-asyiknya ngoprek lalu terjadi Hard Brick yang menyebabkan HP mati total. Gue jokul dan ternyata masih laku 350K saat itu. Lumayanlah buat modal kawin. #lah 


Coba bayangkan, 2011 saat itu OS yang dipakai Galaxy 5 masih 2.1 alias éclair. Ada yang pernah nyobain jaman éclair juga gak? Dan sekarang, setelah 5 tahun, Android udah sampe 6.0 Marshmallow. Alhamdulillah setiap ada OS baru dari Android, HP juga ikutan di-upgrade jadi selalu ngerasain semua OS sampai Marshmallow. Mudah-mudahan pas Nougat nanti ada rejeki buat nyobain.

Setelah Galaxy 5, secara berturut-turut gue pakai LG L3 E400, Sony Xperia Tipo ST21i, Samsung S3 Mini, Microsoft Lumia 535, iPhone 5, Samsung Galaxy Grand Prime, Lenovo k4 Note, hingga sekarang yang gue pakai adalah Asus Zenfone Selfie. Setiap HP punya ceritanya sendiri-sendiri, bakal panjang kalau dijabarin di sini, kita bahas di pertemuan selanjutnya saja.

Kalau ditanya, HP apa yang paling nyaman? Dari semua sisi baik itu built-in quality, service center, hingga after sales, Samsung tentunya unggul. Salah satu yang gue suka adalah dari sisi Service Center. Udah kayak di bank pokoknya, asyik abis. Ditambah jaminan one day service dari mereka jadi bikin tambah nyaman. Samsung S3 mini gue pernah nyemplung ke kolam renang dan layarnya error gak karuan. Gue bawa ke service center di daerah Pondok Indah, gak lama HP beres tanpa kena biaya sepeser pun karena masih garansi [Seinget gue saat itu harusnya kena 500 ribuan untuk ganti LCD]. Ini cuma satu contoh dari beberapa kali gue ke service center Samsung dan selalu dapat pelayanan yang maksimal. Beberapa kali? Berarti sering rusak dong, ndrooooo? Ya nggak juga sih. Seringnya mah karena human error aja.

Lho kok bukan iPhone? Iya sih iPhone itu enak banget sumpah. Smooth abis gak pernah nge-lag. Cuma ada beberapa alasan yang buat gue kurang nyaman memakai iPhone; ukurannya terlalu kecil, panasan, kapasitas baterai Ya Allaaah, gak bisa external SD card, meski sempat punya yang 64 GB tapi kalau digabung sama aplikasi, foto, lagu, dll jadinya kurang. Yah namanya juga anak gaul. Single sim [suka yang dual sim soalnya], saking terlalu amannya sampai jadinya ribet sendiri karena harus masukkin password Apple ID terus, gak bisa Bluetooth-an sama klan HP jenis lain, gitu deh. Terlanjur nyaman di Android soalnya. Kalau temen gue bilang:

“Lo belom bisa makenya aja itu.”
“Lah emang pake HP gimana sik? Kan gitu-gitu aja.”

Terus kalau ditanya, yang paling gak enak apa? Microsoft Lumia 535. Oh man, percaya gak gue pakai Microsoft Lumpia cuma 2 jam lalu langsung gue lego di kaskus? Alasannya; screen bermasalah terlalu responsive [gue pencet apa yang muncul apa. Contoh nih waktu itu gue pengen ke menu Setting, eh baru pencet Home dia udah masuk ke Setting duluan. Kan sakit], panas banget kalau paket data on, Windows Store yang aplikasinya susah banget diunduh, udah susah diunduh aplikasinya dikit lagi. Hih! Padahal hape baru! Tapi itu awal-awal Nokia diakuisisi Microsoft, dan Microsoft sendiri pun mengakui kalau di HP mereka yang itu masih ada bugs-nya. Lah masih ada bugs-nya kok udah dipasarkan. Mudah-mudahan sih sekarang udah bagus. Tapi udah terlanjur ilfeel sih. Heuheue

Dan beralih lah gue ke Android lagi. Sampai akhirnya saat ini yang gue pakai adalah Asus Zenfone Selfie. I didn’t even know what was crossing on my mind when I bought it. I’m not even good at taking selfies. Neither am I selfie kind of a guy.

Kenapa gak balik ke Samsung lagi? Jujur bosen. Pengen coba merk lain. Kalau kata orang sunda mah kitu-kitu keneh [gitu-gitu aja], iya kalau mau yang lebih istimewa sih beli HP flagship mereka misalnya Samsung S7 Edge atau Note 7 yang harganya seterah mereka aja lah. Namun kemampuan serta kebutuhan gue belum sampai di tahap itu.

Sebenarnya bukan hanya fitur kamera depan yang sebesar 13 MP + Flash + Laser focus itu aja yang jadi alasan gue memilih Asus Selfie, tapi spek-spek yang ada di dalamnya pun lumayan gahar dengan budget yang ramah kayak gadis desa daerah Garut gitu deh. Di kisaran harga yang sama dengan Asus Selfie, kalau Samsung cuma dapat spesifikasi yang apa adanya, gak terlalu istimewa tapi gak jelek juga. Btw, kamera depannya memang bagus banget sih, gue jadi kayak orang Korea. Parah nih HP. Penipuan publik.
Ups sorry salah upload, ini mah orang Korea beneran










Parah ya? Beli deh kalau yang suka selfie mah.

*
*
*
*
*
Daaannn… sebentar lagi bakal muncul iPhone 7. Oh my lord, that awe-inspiring phone is going to be mind-blowing. Mungkin HP itu yang bisa bikin gue berpaling dari Android. BUT HOLD ON… With the price like that? I’d rather save up to buy something more worthwhile. Modal kawin? Meh! Kawin mulu.

You Might Also Like

0 comments

Kindly give me your thoughts. Thank you.