Si Kaya dan Si Miskin

By September 19, 2015 , ,

Niatnya saya ingin melanjutkan postingan Asean Trip 2015 part 1, karena menurut rencana pada saat itu, akan dibuat postingan Asean Trip part 2, Asean Trip part 3, ..., 10 dst. Namun apa daya, tiada berdaya. Padahal draft-nya mah udah ada. Foto-foto juga udah ada. Tapi kamunya yang gak ada, jadi gak semangat.
Mens sana in corpore sano. Healthy mind in a healthy bodyPhysical exercise is an important and essential part of mental and psychological well-being.
Sabtu pagi gak olahraga, gak sehat, gak bagus juga buat otak. Udah gak olahraga, gak melakukan kegiatan yang bermanfaat juga, jadi makin gak berguna aja hidup lo. Triple combo; bahlul, gak berguna dan gak sehat. Jadi akhirnya saya memutuskan untuk menulis di blog aja lah pagi ini. Meskipun gak menghasilkan apa-apa, tapi paling enggak, ada kegiatan yang sedikit bermanfaat yang juga bisa mengasah otak. Gak sehat sih, tapi sedikit berguna lah ya. 

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan, kalau kamu termasuk orang dengan golongan bawah, bekerja keras lah supaya bisa jadi golongan menengah, kalau orang kelas atas sih udah gak bisa diganggu gugat.

Sudah hampir 30 tahun saya hidup di Indonesia. Bersentuhan dengan berbagai strata sosial yang ada. Bak 2 mata uang. Ada suka ada duka, ada kanan ada kiri, ada atas ada bawah, ada depan ada belakang, ada taken ada available (Ada juga yang taken tapi ngakunya available, vice versa), ada kaya dan ada miskin. Untuk hal terakhir yang saya sebut, sungguh menarik untuk dikaji, kalau perlu dibikin jurnal sekalian.

Terdapat berbagai pola pikir yang membedakan antara si kaya dan si miskin. Malah lumayan sering juga terjadi gesekan dalam kehidupan bersosial. Walaupun sesungguhnya perbedaan tersebut tercipta untuk saling melengkapi, tapi tetap aja kaya dan miskin itu jelas berbeda. Perbedaannya banyak banget, salah satunya adalah dalam pola pikir itu tadi. Berikut ini beberapa contoh-contohnya:

1. Makan

#Kismin: Makan apa aja yang ada. Bisa makan aja udah syukur. Kalau dapet makanan Epic kayak KFC, sebisa mungkin dipirit-pirit buat makan pagi, siang, dan malam.

#Orkay: Makan ada apa aja? Kalau bisa cari makanan yang lagi ngehip. Antri berjam-jam gpp lah. Intinya status perut jadi kenyang, status sosial jadi terpandang. Eits, jangan lupa juga foto makanannya di-upload di Instagram.

2. Kendaraan

#Kismin: Gak terlalu penting lah punya mobil. Lagian lebih enak jalan kaki, sehat, atau naik gojek aja lebih simpel. Dempet-dempetan di KRL juga gak apa lah yang penting sampe di tujuan. Tapi ya, kalau ada yang ngasih mobil sih gak nolak juga.

#Orkay: Mobil merk anu ngeluarin seri baru, cocok banget dipake weekend buat beli mie ayam depan komplek. Pake mobil emang nambah macet sih, tapi itu jauh lebih baik daripada panas-panasan dan desek-desekan di angkutan umum.

3. Rezeki

#Kismin: Rezeki mah ada aja. Rezeki gak bakal ketuker. Nanti juga ada jalannya... lima tahun kemudian: Rezeki mah ada aja. Rezeki gak bakal ketuker. Nanti juga ada jalannya... sepuluh tahun kemudian: Rezeki mah ada aja. Rezeki gak bakal ketuker. Nanti juga ada jalannya... begitu terus sampe Tangsel merdeka.

#Orkay: Rezeki mah pasti ada aja. Berdoa ke Tuhan, minta ke Papah. Cling!

4. Barang Mahal

#Kismin: Mahal banget, nanti deh tunggu diskon. Lagian belum butuh-butuh banget (padahal butuh banget).

#Orkay: Mahal juga ya, tapi butuh banget nih (padahal gak butuh bahkan gak tau fungsi barang tersebut apa) Ya udah beli aja deh daripada kebawa mimpi.

5. Sekolah

#Kismin: Sekolah di mana aja lah. Yang deket-deket rumah aja jadi bisa dianter pakek sepeda, yang penting anak sekolah dan bayarannya gak mahal. Untungnya sekarang sekolah gratis. Tapi pungli-pungli masih ada aja sih ya. 

#Orkay: Pah, Tetangga sebelah rumah kita anaknya disekolahin ke sekolah A tuh yang satu orang siswa dianternya pake satu mobil, masa anak kita sekolah di sekolah C? Mahal sih sekolah A, tapi pendidikan anak kan segalanya. Udah gitu gak malu-maluin kalau ditanya pas arisan, "Anaknya sekolah di mana, Jeng?"

6. Gunting Rambut

#Kismin: Nanti aja deh, masih belum terlalu panjang nih rambut. Mending duitnya buat makan di warteg.

#Orkay: Udah panjang lagi aja nih rambut (padahal baru ke salon seminggu yang lalu), sekalian beli pomade deh biar kayak orang-orang. 

7. Weekend

#Kismin: Apa itu weekend? Libur gak libur sama aja, begini-gini doang, tetep aja nongkrongya di warkop. Makannya di warteg.

#Orkay: Eropa yuk, guys!

8. Kenaikan BBM Bersubsidi 

#Kismin: Aduh BBM naik lagi. Alamat harga barang-barang naik juga nih. 

#Orkay: Oh BBM harganya mau naik toh? Minta tambah uang jajan berarti sama Papah.


Begitulah, kita hidup di lingkaran yang mana status sosial di sini bisa sangat timpang. Tapi walaupun berbeda, baik si miskin dan si kaya tetap bersaudara. Dan ingat, status sosial gak ada artinya di hadapan Tuhan.

You Might Also Like

0 comments

Kindly give me your thoughts. Thank you.