Siapa Paling Dekat dengan Tuhan?

By March 15, 2015 ,

Suatu ketika, tokoh agama Islam, Kristen, dan Budha tengah berdebat mengenai suatu hal; Agama mana yang paling dekat dengan Tuhan? Gus Dur menjadi wakil dari agama Islam.

Seorang biksu Budha berargumen terlebih dahulu. “Agama sayalah yang paling dekat dengan Tuhan, karena setiap kita beribadah, ketika memanggil Tuhan kita mengucapkan ‘Om... Om... Om...' Nah kalian tahu sendiri kan seberapa dekat hubungan antara paman dengan keponakannya?”

Gus Dur hanya tersenyum.

Lalu seorang pendeta dari agama Kristen menyangkal. “Ya tidak bisa, pasti agama saya yang lebih dekat dengan Tuhan.” ujarnya.

“Lah kok bisa?” sahut biksu penasaran.

“Kenapa tidak, agama anda kalau memanggil Tuhan hanya om, kalau di agama saya memanggil tuhan itu ‘Bapa’ Nah kalian tahu sendiri hubungan yang lebih dekat adalah antara anak dengan bapaknya ketimbang keponakan dengan pamannya.” Sela pendeta.

Gus Dur yang belum mengeluarkan argumen masih tetap tersenyum, kemudian justru tertawa terbahak-bahak setelah mendengar argumen dari pendeta.

“Loh kenapa anda tertawa terus?” tanya pendeta penasaran.

“Apa anda merasa bahwa agama anda lebih dekat dengan tuhan?” sahut biksu bertanya pada Gus Dur.

Gus Dur masih saja tertawa sambil mengatakan “Heueheueheu ndak kok, saya ndak bilang gitu, boro-boro dekat, justru agama saya malah paling jauh sendiri dengan Tuhan.” jawab Gus Dur dengan masih tertawa.

“Loh kok bisa?” tanya biksu makin penasaran.


“Loh gimana tidak, lha wong di agama saya itu kalau memanggil Tuhan saja harus memakai Toa.” jawab Gus Dur.

:))

Disadur dari.

You Might Also Like

0 comments

Kindly give me your thoughts. Thank you.