Truth or Dare?

By July 04, 2013

Bagaikan punuk merindukan bulan, Otong, begitu ia biasa dipanggil oleh teman-temannya, selalu mendambakan untuk mempunyai seorang kekasih yang cantik rupawan layaknya Kristen Stewart. Meskipun dari nama juga udah keliatan kurang seimbang sih ya. Tapi semua orang tentunya boleh saja berharap ketiban durian runtuh bukan? Durian dalam arti yang sebenarnya.
Tidak banyak orang yang ingin berteman dengan Otong, bukan karena Otong jelek, cuma kurang cakep aja. Hal tersebut terjadi karena mereka takut akan tingkah laku Otong yang selalu di luar tindakan orang-orang pada umumnya. Cutting edge abis lah pokoknya. Salah satu kebiasaan buruknya yaitu ngetik sms pake bahasa alay. Bahkan saking parahnya, tidak ada satupun dari teman-temannya yang mau memberikan nomor HP ke Otong karena mereka takut dapet SMS darinya.
Seperti yang dialami Tonih, orang yang pertama ia kenal ketika awal masuk sekolah dulu yang selalu dapat sms dari Otong. Tonih tidak kuat menahan beban berat di pundaknya. Pada awalnya Tonih tidak ingin memberikan nomor HP-nya. Namun karena tak kuasa menolak bujuk rayu Otong, akhirnya Tonih dengan sangat terpaksa memberikannya, padahal pada saat itu Tonih hanya dirayu dengan sepiring batagor saja. Ah, dasar Otong. Sungguh cerdik sekali.
“T0n,, hRi N!cH u McuK sKuL gag?! W NeBen9 duN !!! w T9guu dpN gg humZ w ea!!”
“ENOUGH WITH THIS! JANGAN GANGGU HIDUP GUE LAGI ATAU GUE LAPORIN LO KE GURU BK!!”
Tonih stroke ringan…
Hidup memang tak selalu indah untuk Otong; Jomblo, selalu telat masuk sekolah, langganan remedial hampir semua pelajaran, dan selalu berurusan dengan guru BK. Meskipun demikian, Otong is Otong. Ia adalah seorang yang bermental kuat bagaikan baja, berhati lembut bagaikan seprai yang abis dilaundry, mempunyai fisik yang tangguh setangguh motor-motor Jepang, mempunyai jiwa pemberani layaknya pria-pria di iklan rokok, dan tegar layaknya Aurel Hermansyah. Ah Otong memang hebat.
Ialah Joanna, wanita yang mampu membuat hati Otong berdegup kencang setiap kali melihat pundaknya. Yah namanya juga jatuh cinta, bisa liat pundaknya aja udah seneng.
Joanna termasuk siswi yang populer di sekolahnya. Selain pintar dan cantik, Joanna yang juga merupakan ketua osis di sekolah tersebut, mempunyai banyak prestasi di bidang akademik. Iya, dia termasuk siswi terbaik. Dengan segala kelebihannya, sulit untuk tidak naksir kepadanya. Charming abis pokoknya.
Pada suatu ketika, Otong yang selama ini hanya berani memandanginya dari kejauhan saja, akhirnya nekat memberanikan diri untuk menyapa Joanna.
“Hi Joanna, kamu mau ke mana?” Sapa Otong begitu melihat Joanna yang ingin masuk ke toilet wanita.
“Ke toilet lah, dodol!” Jawab Joanna emosi karena pertanyaan Otong hanya menghambatnya untuk segera pipis.
“Oh iya. Uh… Maaf. Abis pintu toiletnya gak keliatan.”
“Makanya, mata tuh taro di kepala jangan di kaki!”
“Lah, tapi kan di kaki juga ada mata, Jo. Mata kaki.”
“WHATEVER!!! Lagian ngapain sih lo nongkrong di depan toilet cewek? Nongkrong mah di sevel noh! Udah ah minggir, gue mau pipis.” Joanna mulai kesal.
Selain cantik dan pintar, Joanna juga terkenal akan sifatnya yang jutek dan galak. Hal itulah yang menyebabkan cowok-cowok di sekolah itu tidak berani mendekatinya. Namun nampaknya itu bukan halangan bagi Otong. Ia masih berharap dapat mengajak Joanna jalan suatu saat kelak.
Obrolan singkat di depan toilet tadi ternyata sangat bermakna bagi Otong. Ia tak menyangka Joanna akan menanggapinya dengan serius. Sebelumnya, ia hanya berfikir kalau cinta itu tak harus memiliki. Sekedar curi-curi pandang saja sudah cukup. Namun kini, Otong mulai berfikir berbeda. Cinta harus disampaikan agar tak ada lagi hati yang tersiksa. Iya, dia berniat untuk menembak Joanna kelak jika ada kesempatan.
“Cinta ini harus diperjuangkan.” Ungkapnya dalam hati sambil berjalan menuju kelas.
Setibanya di kelas, Otong menghampiri Tonih dan Didit yang sedang berbincang mengenai suatu hal. Kebetulan pada saat itu Pak Broto, guru Fisika, tidak masuk karena beliau sedang sakit. Terlihat semua siswa sibuk dengan urusannya masing-masing. Ada yang lagi sibuk nyontek PR Kimia, ngegosip, tidur, main twitter, main smack down, dll. Sementara kedua teman sekelas Otong itu hanya ngobrol santai saja.
“Ton, denger-denger si Otong naksir sama Joanna ya? Kok bisa? Gak ngaca apa ye?” Tanya Didit penuh dengan rasa heran.
“Iya, dit. Gue juga bingung. Kayak gak ada cewek yang lain aja. I mean… Joanna itu kelas berat, meeennnn! Susah! Galak pula!” Ucap Tonih.
“But, nothing is impossible sih. Kalo emang Tuhan berkehendak ya maka terjadilah. Gunung aja bisa meletus masa hati Joanna gak bisa meletus sih.” Lanjut Tonih serius sampe bawa-bawa gunung meletus segala.
Tiba-tiba Otong datang sambil teriak histeris ke kedua temannya itu.
“Ton, Joannnaaa, Ton!!! Joannaa!!!”
“Eh kenapa lagi lo? Udah puas ngeliatin pundaknya dari jauh?” Tanya Tonih sinis.
“Enggak, bukan itu! You know what? Tadi gue ngobrol sama dia di depan toilet cewek. Dan kita tuh nyambung banget! Kayaknya kita jodoh deh. Dia emang ditakdirin buat gue!” Ungkap Otong kegirangan.
“Wah, keren banget lo udah berani ngobrol sama dia. Di depan toilet cewek pula. Salut gue sama lo. Gue gak pernah tuh kayak gitu.” Puji Didit.
“Terus… Emang lo ngobrol apa aja? Banyak hal dong pastinya?”
“Iya, tadi gue sapa dia gitu kan. Terus dia bilang katanya dia mau pipis.”
“Terus?”
“Iya udah, gitu aja. Abis itu dia masuk ke toilet soalnya.”
“Yaelah, Tong! Timbang gitu doang mah semua orang juga bisa kali. Kalo tiba-tiba lo pegang tangan dia terus masuk toilet cewek bareng tuh baru hebat.” Ucap Tonih keki.
Obrolan berlanjut hingga tak ada lagi kata yang terucap di antara mereka. Setengah jam berlalu tanpa melakukan kegiatan yang bermanfaat. Masih ada satu jam kosong yang tersisa sebelum pergantian pelajaran.
“Eh, bete tingkat dewa bujana nih gue. Main apa kek yuk? Anak-anak juga lagi pada sibuk sendiri-sendiri. Lumayan nih masih ada satu jam lagi sebelom pelajaran Kimia. Main apaan yak? Any idea?” Tonih membuka sesi Tanya jawab.
“Iya nih. Tong, lo ada ide main apa?” Didit yang dimintai pendapat justru bertanya Otong.
“Main PS aja yuk. Eh tapi gak ada yang bawa PS ya. Main Tarik tambang juga gak mungkin deh kayaknya. Gue lagi gak bawa tambang juga. Hmmm... Gimana kalo main Truth or Dare? Biar kayak orang bule gitu” Timpal Otong.
“Wah boleh juga tuh. Great idea. Pokoknya nanti yang pilih dare gak boleh nolak tantangannya ya, kalo nolak kita laporin guru BK.” Sergap Tonih.
“Ton, elu demen banget sih lapor guru BK?” Tanya Otong sensi yang merasa nyawanya selalu terancam oleh guru BK.
“Oke never mind. Kita mulai aja. Nih pake pulpen gue aja buat mainnya.” Ucap Didit yang sudah tidak sabar sambil meletakkan pulpen ke atas meja.
Permainan pun dimulai…
Didit berinisiatif untuk memutar pulpennya pertama kali. Ia menarik nafas panjang, ngulet, nguap, dan… wusshhhh!
Pulpen berputar dinamis penuh kecepatan tinggi. Semua mata tertuju pada pulpen yang tengah berputar tersebut. Jantung mereka berdegup kencang seolah sedang menunggu hasil UN. Padahal mereka baru kelas XI.
Dan kepala pulpen pun berhenti ke arah si pemutar. Iya, Didit is the lucky number one.
“Asem, gue yang muter gue yang kena duluan.” Gerutu Didin seolah tak terima dengan apa yang baru saja terjadi.
Truth or dare?” Hentak Tonih.
“Hmm... Truth aja deh.”
“Ah, cemen lo dit milih truth. Dare aja dong!” Ungkap Otong.
“Lah emang ada peraturannya? Ya udah sih. Elo aja nanti yang pilih dare.” Jawab didit santai.
“Oke oke, di kelas ini siapa yang pengen banget lo ajak nge-date?” Tonih mengajukan pertanyaan sekenanya.
"Ton, malu ah gue!" Elak Didit berusaha kabur dari pertanyaan Tonih.
"Terus kenapa milih truth?"
Frustasi. Didit sedikit mengacak-acak rambutnya sambil menghela nafas.
"Huftt… Tapi janji jangan pada kaget ya." Ucap Didit lirih.
Didit mencondongkan tubuhnya ke tengah-tengah meja, memberi isyarat agar semuanya mendekat. Otong dan Tonih pun merapat, Didit membisikkan sesuatu pada mereka.
Satu detik.
Dua detik.
Tiga detik.
“Joni.”
"Buahahaha, elu suka Joni? Demi apa lo, dit? Jadi selama ini elu…” teriak Otong dengan syok mengetahui temannya selama ini ternyata penyuka sesama jenis.
“Gak lah, bercanda gue. Sebenernya, orang yang beruntung yang pengen banget gue ajak jalan itu si... Joanna!”
Mata Otong terbelalak. Jantungnya berdegup kencang. Kakinya gemetar. Perutnya laper.
“APAAAHHH?!? Kampret luh, Dit! Joanna is my gebetan. Don’t you even think about it!” Ancam Otong yang merasa peluangnya untuk mendapatkan Joanna menjadi kecil karena ia sadar, secara fisik, jelas Didit jauh lebih tampan dan wangi ketimbang dirinya.
“Heuheu gak, Tong. Gue masih bercanda. Jadi, orang beruntung yang pengen banget gue ajak jalan itu sebenarnya siii... Anita!”
Dengan sergap Didit langsung menutup mulut Otong supaya gak teriak dan ketauan Anita yang lagi ngegosip di belakang.
“APAAAH? ANITA?! SUMPELOOO??” Ternyata justru Tonih yang teriak.
“Ton, kurang ajar luh! Jangan teriak nanti Anita denger. Gak enak gue.”
“Oh jadi gitu. Selama ini kenapa diem aja? Eh tapi bukannya dia udah punya pacar ya? Gue sering liat dia dijemput pas pulang sekolah. Kayaknya sih anak SMA lain.” Tonih berusaha memperkeruh suasana.
“Ya udah sih, setaaannn. Diem aja deh! Gue belom berani. Nunggu dia putus dulu aja. Tong, puter lagi tuh pulpennya.” Ucap Didit dengan nada sedikit kesal.
Tonih hanya tersenyum –lebih tepatnya menahan tawa. Ia tak mau membuat teman SMP-nya itu frustasi lebih jauh lagi.
Wushhh! Pulpen tersebut berputar lalu berhenti ke arah Tonih. Didit nyengir iblis.
"Nah, Tonih! Truth or dare?" tanya Otong menggebu-gebu. Tonih menelan ludah, melirik kiri-kanan dengan cemas seolah dirinya tau akan marabahaya yang akan menimpanya sebentar lagi.
"Eerr... d-d-d-dare." Jawabnya pelan, setengah takut dengan jawabannya sendiri. Didit tersenyum sadis.
"Sip! Nyanyi lagu Dangdut di depan kelas sekarang juga. Ohya jangan lupa goyangannya ya. BUAHAHAHA!" Didit tertawa puas. Tonih melotot. Otong menahan lapar dan haus.
"Dit! Malu ah!"
Didit yang memang sudah berteman sejak lama, tahu betul kalau suara Tonih gak lebih bagus dari knalpot rusak.
"Ya udah sih. Tinggal nyanyi aja." Ucap Didit masih sambil menahan tawa. Dan Otong yang masih menahan lapar dan haus.
Tonih menghela nafas, dengan langkah gontai ia berjalan ke depan kelas. Keringat dingin mulai terjun bebas dari pelipisnya. Dengan perlahan ia mengambil spidol lalu mengangkat ke depan mulutnya seolah itu adalah mikrofon. Dengan penuh keterpaksaan Ia mulai membuka suara, berdehem, lalu teriak…
“OOOOIIIII PENONTOOONNNN!!! SIAAAAPPPP DIGOYAAANNGGGG???”
Juki yang daritadi tengah konsentrasi nyontek PR kimia mendadak kaget. Hampir saja ia keselek pulpen yang diemutnya.
“Woy, botol kecap! Ngapain lo teriak-teriak di depan gue! Ngagetin aja! Reseh!” Omel Juki kesal karena teriakan Tonih barusan.
“Heueheu sorry, juk. Gue cuma mau…”
Belum sempat menjawab pertanyaan juki, Tonih langsung bernyanyi.
"Pacarku memang dekat, lima langkah dari rumah… tak perlu kirim surat, sms juga gak usah…~"
Kontan semua orang yang berada di kelas itu tertawa terbahak-bahak sampai nyaris terjungkal dari kursinya masing-masing. Pasalnya, Tonih bernyanyi dengan suara tinggi dengan cengkok dangdut ala Saiful Jamil yang berusaha ia tiru namun justru lebih mirip orang keselek biji mangga.
"Kalau rindu bertemu tinggal nongol depan pintu ...~”
Lalala… LalalaHobaahhhh! ~”
Tonih berjoged sambil memainkan jempolnya layaknya joged dangdut pada umumnya.
Hening…
Satu dua orang terkapar kejang-kejang mengeluarkan busa…
Didit menyeringai jumawa meski telinganya terancam tuli permanen. Tonih kembali duduk di tempatnya sambil menunduk, menyembunyikan wajah merahnya.
“Puas lo semua?” Hentak Tonih keki. Sementara Otong dan Didit masih menahan tawa.
“Sini pulpennya!”
Permainan pun segera dilanjutkan. Tonih memutar pulpen di atas meja. Tinggal otong saja yang belum mendapatkan kesempatan. Dan anehnya, pulpen tersebut pun berhenti tepat ke arah Otong. Seperti sudah diatur sebelumnya. Ini pasti ada konspirasi dengan makhluk astral. Pasti!
"Karena gue jantan, gue pilih dare." Cetus Otong penuh percaya diri.
“Oke kalo lo ngerasa jantan. Gue mau lo telpon Joanna sekarang dan ajak jalan nanti pas pulang sekolah terus lo tembak. BTW, punya pulsa gak loh?” Tantang Tonih yang masih ngos-ngosan.
“Huft… Serius lo? Nembak? Susah gila nih. Oke deh gue coba.”
“Iya, Tong. Ini kesempatan lo. Kapan lagi coba? Siapa tau diterima. No Pain No Gain. No Resleting Nongol. ” Hibur Didit sambil sedikit memberi motivasi kepada Otong.
Otong mencoba memberanikan diri untuk menelpon Joanna.
Tuut… Tuut… Tuut…
“Ngg… Ha..Ha.. Lo.. Ini Joanna?” Tanya Otong sambil terbata-bata. Ini adalah untuk pertama kalinya Otong menelpon Joanna.
“Hah? Ya iyalah ini gue. Jelas-jelas elo yang nelpon duluan, pake nanya segala. Ini siapa ya?”
“Heueu maaf, Jo. Cuma mau mastiin aja. Ini gue Otong. Yang tadi di toilet cewek itu. Masih inget kan ya?”
“Oh iya. Kenapa? Eh lo tau nomor gue dari mana?” Tanya Joanna penuh rasa curiga.
“Dari Didit. Ehmm… Jo. Nanti pulang sekolah jalan yuk?”
“Oh, Didit. What? Jalan aja ngajak-ngajak? Emang lo gak bisa jalan sendiri? Pake tongkat sih.”
Entah mengapa setiap dibentak Joanna, Otong selalu tak bisa berkata apa-apa.
“Yah, Jo. Bukan gitu maksud gue. Nggg… Maksudnya semacam nge-date gitu.”
“Hmm… Nge-date? Boleh deh. Kebetulan niatnya nanti pulang sekolah gue mau nyari barang pesenan nyokap. Sekalian aja mau kan? Biar gue ada tebengan juga gitu. Hehe”
“Oh gitu, oke deh. Pulang sekolah gue tunggu depan gerbang sekolah ya?”
“Okesip.”
Joanna menutup telponnya. Didit dan Tonih hanya melongo seakan tak percaya kalo Joanna dapat dengan mudah diajak jalan Otong.
“Is that it? You lucky bastard! Gampang amat.” Ucap Didit masih dengan tampang tak percaya.
“Kalo aja ngajak Joanna jalan segampang itu. Tiap hari gue ajak jalan dia aja kali ya… Ohya, makasih banget, Ton. Berkat dare dari lo akhirnya gue bisa dapet kesempatan jalan bareng Joanna. Emang segala sesuatu kadang harus dipaksakan.” Ungkap Otong sambil tersenyum penuh rasa suka cita.
“Jangan lupa, tong. Lo juga nanti harus nembak dia.”
“Uhmm.. iye iye.” Jawab Otong sambil melengos pergi.
*Eh, kenapa pergi ya? Kan pelajaran udah mau mulai.*
….
Setelah membeli beberapa barang pesenan nyokapnya, mereka berdua berhenti sejenak di salah satu outlet roti bakar. Bisa dibilang inilah untuk pertama kaliinya Otong nge-date bareng wanita cantik. Sebelumnya ia hanya bisa nge-date bareng payung cantik saja. Kasian memang si Otong ini.
Tanpa membuang waktu, Otong memberanikan diri mengungkapkan isi hatinya.
“Jo, jadi gini… Gue suka sama lo. Selama ini gue udah lama merhatiin pundak lo dari jauh. Lo mau gak jadi pacar gue?” Ungkap Otong sambil makan roti bakar rasa keju.
“APAAAHH??!!” Teriak tukang roti bakar kaget.
*Ups, Sorry sorry salah!*
“HAH?!! Pundak gue??! Maksudnya?!!” Sontak Joanna kaget mendengar apa yang dikatakan Otong barusan. Bisa-bisanya dia nembak sambil makan roti bakar. Rasa keju pula. Sakit jiwa!
“Gak salah lo, Tong?” Joanna melanjutkan ke-kaget-an-nya.
“Iya, Jo. Gue beneran suka sama lo, dari kelas X. Sejak awal kita bejumpa di perpus waktu itu, sejak saat itu pula gue merasakan sesuatu di hati gue. Gimana, Jo?”
“Maaf ya, tong. Kayaknya gue gak bisa deh.”
“Kenapa?” Otong meminta penjelasan lebih lanjut. Dan masih dengan roti bakar rasa keju di mulutnya.
“Iya. Umm... Gue… Gue udah terlanjur suka sama seseorang.” Terang Joanna.
Mendengar Joanna mengatakan hal itu, hati Otong tercabik-cabik. Penasaran, Otong bertanya lebih jauh.
“Hah? Siapa? Siapa orangnya?” Tanya Otong menggebu-gebu sambil memegang erat garpu di tangannya seolah-olah ingin menusuk mata orang yang dimaksud oleh Joanna.
“Hmm… Dia... Di… Di… Didit. Gue suka sama Didit.” Jawab Joanna terbata-bata.
Otong keselek roti bakar. Matanya terbelalak. Jantungnya berdegup kencang. Kakinya gemetar.
Ia benar-benar tak menyangka akan apa yang baru saja ia dengar. Ia terkulai lemas tak berdaya. Harapannya untuk memiliki seorang wanita cantik sirna sudah.
“Beruntung banget lo, dit.” Gumamnya dalam hati.
Well, it’s all over for Otong. There’s nothing he can do but accept the truth that Joanna loves someone else. And painfuly, it’s his own friend. Namun satu hal yang pasti, Otong sudah tak perlu memandangi pundak Joanna dari kejauhan dan berharap Ia akan menoleh kepadanya, karena mungkin ia akan menoleh ke arah pria lain. Pria yang disukainya.
“Thanks ya Tong udah mau nemenin gue.”
Joanna pergi begitu saja meninggalkan Otong yang terluka beserta tagihan roti bakarnya. Yah, memang sepertinya mereka tidak ditakdirkan untuk bersama.

Tamat.

You Might Also Like

0 comments

Kindly give me your thoughts. Thank you.