Tips-tips Menghadapi Sidang

By July 16, 2012

Mendadak inget sidang...

Tepat setahun yang lalu, ketika bulan puasa, gue sidang. Iya bulan puasa, bulan yang penuh rahmat dan barokah, bulan di mana semua orang berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, gue justru di bully sama penguji. Dan tepat di pertengahan bulan juli ini, junior gue juga akan mengalami nasib yang sama. MUAHAHAHA!

Sebenernya sidang itu gampang-gampang susah sekaligus agak deg-degan lucu gimana gitu. Kayak mau nembak gitu deh rasanya. Tapi kalo semua hal dipersiapkan dengan baik, semua pasti akan berjalan dengan lancar. Mungkin banyak yang bingung atau bertanya-tanya “Apa sih hal-hal yang harus dipersiapkan menjelang eksekusi?”, “Apakah gue akan lulus?”, “Bagaimana sih cara menghadapi dosen penguji?”, atau “Sidangnya diganti sama Push Up aja bisa gak?”.

Baiklah, untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan di atas, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin cocok digunakan untuk menghadapi sidang sebagaimana pengalaman gue tahun lalu:

1. Satu hal yang pasti, siapkan materi. Ini penting, bagaimana kamu mau sidang kalo materinya gak disiapin? Jangan sampai lupa juga tanggal pelaksanaan sidang kamu. Pasang reminder di henpon sebulan sebelum tanggal pelaksanaan sidang. Kenapa sebulan? Ini juga penting. Kalo setahun kelamaan soalnya. Oke? Sebulan ya.

2. Setelah mempersiapkan materi yang akan digunakan, jangan lupa memberi makan anak yatim. Doa anak yatim itu mustajab. Mintalah doa agar sidang dapat berjalan seperti apa yang kamu harapkan.


3. Dengerin lagu metal. Sebuah studi yang diadakan oleh University of Pamulang pada tahun 2012 kemarin, mengatakan bahwa dengan mendengarkan lagu-lagu metal dapat menstimulus dan memunculkan hormon di otak yang bisa membuat tubuh sedikit lebih rileks. Lagu-lagu dari {Burgerkill} bisa dicoba.

4. Beli parfum. Badan yang wangi sangat membantu sekali membuat kesan pertama yang baik bagi dosen penguji. Ingat, first impression itu penting. Terserah, mau bisa presentasinya atau enggak, yang penting wangi!

5. Ketika tengah berada di ruang sidang, jangan sekali-kali kamu ngupil. Ngupil dapat merusak konsentrasi kamu dan membuat ilfeel dosen penguji. Poin nomer 4 jadi sia-sia. Meski kamu wangi, tapi kalo kamu ngupil di depan dosen penguji, bisa terancam gak lulus, broh! Jangan kayak temen gue lah.

6. Anggap ruang sidang sebagai panggung Indonesian Idol. Anggap dosen penguji sebagai Agnes Monica atau Ahmad Dhani. Hal ini agar kamu dapat termotivasi untuk menjadi idola Indonesia. Dengan begitu, penampilan kamu akan maksimal dan berusaha untuk menjadi yang terbaik. Tapi inget ya, kamu presentasi, bukan nyanyik.

7. Ketika mendapat pertanyaan dari dosen penguji, jangan pernah sekali-kali kamu membantahnya! Dosen penguji itu orang tua kamu pada saat itu. Sekali kamu membantahnya, kamu bisa kualat!

8. Tatap mata dosen penguji. Jangan takut. Mata bisa mengatakan segalanya. Jadi kalo di tengah presentasi mendadak nge-blank, biarkan mata kamu yang berbicara.

9. Kamu bukan sidang karena ditilang polisi. Gak perlu siapin duit juga sih. Eh tapi terserah sih.

10. Jangan lupa salaman dan cium tangan dosen penguji begitu selesai sidang. Kan tadi gue bilang, saat itu mereka adalah orang tua kamu. Minta duit juga gak apa-apa kok. Gue juga dulu begitu.

Baiklah, itu tadi beberapa tips singkat yang dapat kamu gunakan ketika menghadapi sidang. Semoga bermanfaat. Kalo gak bermanfaat juga gak apa-apa sih. Selamat mencoba!

Seperti yang Agnes Monica bilang: Dream, believe, make a lemper!



You Might Also Like

0 comments

Kindly give me your thoughts. Thank you.