Apa itu LLG dan RTGS?

By October 12, 2016

Mungkin ada yang pernah transfer ke antar bank via internet banking. Lalu kamu menemukan ada hal ganjil yang sangat asing bagi rakyat biasa pada umumnya. Seperti saya.

LLG dan RTGS.
Apa yang dirasaaa cobaaa…

Sebagai orang yang bukan bank, dan tidak mengikuti dunia perbankan, istilah-istilah perbankan itu terkadang malah bikin penasaran dan ngeselin. Kebetulan pernah dapat job untuk men-translate makalah berbahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Yah lumayan bikin puyeng sih. Tapi gak sepuyeng kedokteran. Di saat-saat genting ingin transfer ke rekening antar bank lain, lalu dihadapkan oleh 2 pilihan, hatiku jadi bambang. Di antara 2 pilihan itu memang selalu sulit ya.

Di saat-saat genting seperti itu, saya harus mencari apa itu maksud dari LLG dan RTGS supaya gak salah langkah. Hih. Ribet deh.

Untungnya kita saat ini tinggal di era instant 2.0. Mau apa aja tinggal lari ke internet lalu ketikkan hal-hal apa saja maka akan muncul. Bayangin kalau jaman dulu, kamu mau cari pengertian LLG dan RTGS di mana? Hah??? Mungkin harus ke perpustakaan, lari ke rak buku tentang ekonomi atau perbankan, cari bukunya, satu jam kemudian mungkin baru ketemu. Jadi bukannya kita bodoh, kita belum tahu saja. Semua ilmu pengetahuan itu sudah ada kok, tinggal kita aja mau mencarinya atau tidak. Begitu.

Jadi gini… LLG itu merupakan kependekan dari Lalu Lintas Giro. Apa sih itu, Ndroo? Itu adalah suatu mekanisme transfer antar Bank dengan menggunakan fasilitas kliring [clearing] dan kita akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk BCA [per tulisan ini diturunkan]. Nah saran saya nih yaa, kalau mau transfer dengan nominal tingkat udang rebon, pakailah LLG karena biaya jasa yang dikenakan cukup minimalis.

Sedangkan RTGS adalah singkatan dari Real Time Gross Settlement, yaitu mekanisme transfer antar Bank secara real time, sehingga transferan kamu akan langsung masuk ke dalam rekening penerima. BTW, yang itu Bahasa Indonesia kenapa yang ini Bahasa Inggris? Karena RTGS kalau diartikan ke Bahasa Indonesia jadi panjang, mau disingkat gimana? Nah, jadi kalau elo-elo mau transfer antar bank dan butuh cepat, sebaiknya gunakan RTGS. But wait a sec… biaya untuk layanan ini Rp 20.000 ya. Lumayan kan buat beli ketoprak. Makanya saran saya kalau mau menggunakan fasilitas RTGS ini yaaa transfernya agak banyakan lah yaa dan kalau lagi butuh segera aja. Sekarang sih kalau BCA minimal transfernya Rp 100.000.000 aja. Jadi apalah arti Rp 20.000 itu.

Lalu pertanyaan yang muncul adalah: Fasilitas LLG BCA berapa lama sih sampainya?

Kalau pakai layanan transfer LLG biasanya statusnya pending, but you don’t need to worry just be happy… nanti juga bakal terkirim kok. Iya nanti. Mungkin sekitar 1-2 hari. Pokoknya sabar aja ya. Kalau saya sih lebih memilih opsi transfer dengan LLG aja. Murah soalnya. Lagian gak pernah juga transfer sampe ratusan juta gitu. Hahaha

Meskipun keterangannya “Pending“, tapi di pembukuan mutasi si penerima udah tercatat kok, tinggal tunggu masuk ke rekening penerima aja. Di saat yang bersamaan kamu juga perlu meyakinkan orang tersebut kalau uangnya beneran udah ditransfer. Kalau dia gak percaya, kamu takol aja.

Baiklah, sodara-sodara. Itu tadi penjelasan masalah LLG dan RTGS di BCA.

Emang ya semuanya kalau mau cepat harus ada duit lebih bahkan buat transfer di internet banking sekalipun. Pada pertemuan selanjutnya kita akan membahas mengenai KDRT, SPOK, GGMU, KTBFFH, GBU, WYATB, dan DLL.

You Might Also Like

0 comments

Kindly give me your thoughts. Thank you.