Cara Bikin Paspor Online Alone

By July 27, 2014

It’s never too old to learn. Itulah proverb yang muncul ketika gue berniat untuk membuat paspor. You can always learn something new at any place; including how to learn to make a passport.
 
Bulan mei kemarin gue baru aja bayar pajak motor, sekaligus ganti nama STNK dan cabut berkas dari Jakarta Timur ke Tangerang Selatan. Jujur, bayangin prosesnya di samsat aja udah males banget. Jadilah pada saat itu gue menggunakan biro jasa dikarenakan gak ada waktu buat ngurusinnya. Pernah sekali nyoba ngurus bayar pajak sendiri. Dan… amit-amit. Mulai dari bolak-balik pindah loket dan gedung, antriannya yang panjang, sampai calo yang wara-wiri menawarkan jasa. Ribet pokoknya! Kenapa gak semuanya di-online-kan aja sih? Tinggal isi data-data, transfer duitnya, print buktinya, ngemut es krim, terus tinggal ambil STNK-nya ke samsat. Simple kan ya? Bisa kan ya sebenarnya? Lebih simple, transparan, akuntabel, objektif, hemat tenaga, hemat biaya, hemat bensin, dan yang paling penting hemat calo. Makanya gak banyak waktu buat gue menentukan capres mana yang bakal gue pilih ketika salah satu capresnya bilang mau meng-online-kan beberapa sistem pelayanan pemerintahan agar birokrasi jadi jauh lebih mudah dan efisien. Yah, tapi bukan karena itu aja sih beliau gue pilih, ada beberapa pertimbangan lainnya.

Satu tahun yang lalu gue bikin NPWP, juga dengan cara online, tapi sepertinya belum siap betul kalo NPWP ini karena pada akhirnya data-data yang kita input harus di-print kemudian kita kirim via pos ke kantor pelayanan pajak yang sesuai dengan domisili KTP kita, atau… langsung kasih sendiri ke kantor pajaknya. Ngeselin kan? Sama aja bohong kalo gitu mah. Sama aja kayak main bola, elo yang ngasih assist tapi elo juga yang ngegolin. Udah gitu begitu selesai pengajuan pembuatannya, petugasnya bilang kalo NPWP-nya nanti bakal dikirim via POS INDONESIA. Sampai sini makin gak asik, terlebih gue yang punya beberapa kali pengalaman kurang menyenangkan dengan jasa kirim milik pemerintah itu mulai dari kiriman yang gak sampe, hingga pelayanan petugasnya yang gak ramah sama sekali layaknya layanan milik pemerintah pada umumnya. Sorry to say, but it was based on what I’ve been through.

Betul aja, 3 hari kerja, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh petugasnya kalo NPWP gue bisa sampai, hanyalah mitos belaka. Gue tunggu sampe sebulan gak nyampe juga, meeennn. Dan pada akhirnya harus gue datengin lagi kantor pajak tersebut. Tanpa ambil nomor antrean dan isi ini itu langsung gue samperin petugas yang waktu itu udah PHP-in gue.

I just simply said “Mas, sebulan yang lalu saya bikin NPWP katanya mau dikirim via pos tapi sampai sekarang belum saya terima.”

Petugas tersebut mengambil secarik kertas beserta pulpen “Kalo gitu mas tulis nama dan alamatnya aja di sini, silakan tunggu nanti saya panggil lagi.”

5 menit berlalu nama gue dipanggil dan petugasnya ngasih kartu NPWP.

 “LAH INI CEPET KOK?! KENAPA GAK DARI SEBULAN YANG LALU BEGINIIIII NIIIHHHH!!! HERAN DAH GUAH!” Gumam gue di tengah keramaian.

Yah begitulah, ternyata sebenarnya sungguhlah cepat namun entah mengapa saat itu ia berniat mengirimkannya via pos. Aku tak habis fikir. Kenapa gak sekalian lewat merpati putih aja.

Nah, kalo kali ini gue bikin paspor dengan cara yang sama. Online. Karena masalah pekerjaan juga, jadi rasanya gue bersyukur banget kalo ada pengurusan yang macam ini bisa online.

Gue gak bakal kasih tau cara-cara mendetail mengenai pembuatan paspor online alone, karena udah banyak banget yang ngebahas, klik aja blog-blog tersebut lah. Lagian di web resminya juga udah ada panduannya dalam bentuk pdf yang bisa langsung diunduh. Kalo ada di antara kamu yang nyasar ke sini karena pengen tau gimana langkah-langkah cara membuat paspor dengan cara online secara menyeluruh, maka kamu berada pada blog yang salah, lebih baik kamu tidak melanjutkan membaca dan pergi menjauh. Karena gue yakin orang yang mau buat paspor pasti orang dewasa (meskipun anak kecil yang mau buat, tapi kan paling dibuatin orang tuanya), maka pasti hanya dengan meng-klik link berikut ini udah langsung ngerti… http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

Untuk pembuatan paspor online ini asik abis, tidak menyalahi kodrat. Yang namanya online ya online. Tinggal input data dari rumah atau tempat kerja, yah kalo mau sambil sisiran juga bisa sih. Beda dengan paragraf dua di atas. Begitu selesai menginput semua data yang diperlukan, tinggal bayar ke bank *** terus datengin kantor imigrasi pilihanmu untuk foto dan wawancara. Tapi tetep aja sih petugas fotonya jutek juga. Terus cuma dalam waktu 3 hari kerja kamu disuruh dateng lagi buat ambil paspornya. I mean… It was exactly 3 days. THAT’S IT. That’s how ‘online’ should be.

Lagian hari gini… yang offline mah cari pacar sama ibadah aja keles. :p


You Might Also Like

0 comments

Kindly give me your thoughts. Thank you.