Contoh Deskripsi Diri Serdos 2020 Bidang B: Pengembangan Keilmuan/Keahlian [Point 6-10]
B.1. Sebutkan publikasi
karya-karya ilmiah/seni yang telah Saudara hasilkan dan tunjukkan buktinya
dengan cara mengunggahnya. Bagaimana makna dan kegunaannya dalam pengembangan
keilmuan/keahlian. Jelaskan bila karya tersebut memiliki nilai inovatif.
6. Publikasi karya
ilmiah (Min 150 Kata)
Sebagaimana tri dharma
perguruan tinggi, melakukan penelitan merupakan suatu kewajiban bagi seorang
dosen di samping pengajaran dan pengabdian masyarakat. Hal ini juga sekaligus
sebagai cara saya dalam mengembangkan ilmu yang saya dapatkan, pula membentuk
kerangka berpikir ilmiah dan sistematis. Sejak saya diangkat menjadi dosen
tetap pada tahun 2016, saya konsisten membuat satu penelitian setiap
semesternya. Saya sangat tertarik melakukan penelitian dalam bidang Sastra,
Linguistik, dan Pendidikan. Jurnal pertama saya pada tahun 2016 saya buat
karena melihat adanya fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini yang suka
berbicara campur-campur antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa inggris.
Penelitian yang termasuk dalam kajian Sosiolinguistik tersebut adalah Code
Switching And Code Mixing In My Stupid Boss Novel By Chaos@Work pada Jurnal
Progressive Vol. 1 No. 1 September 2016 dengan ISSN 1979-4975 yang dapat
diakses melalui laman (https://www.neliti.com/publications/227317/code-switching-and-code-mixing-in-my-stupid-boss-novel-by-chaoswork). Pada
periode selanjutnya, saya masih melakukan penelitian dalam lingkup
Sosiolinguistik dengan judul Code Switching In Talk Show Entitled "Sarah
Sechan" On NET TV pada Jurnal Progressive Vol. 12 No. 2 September 2017
dengan ISSN 1979-4975 yang dapat diakses di (http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/progressive/article/view/570).
Pada tahun 2018 saya menulis 2 jurnal sebagai penulis pertama, periode Maret
2018, penelitian saya dimuat di Jurnal Wanastra Vol. 10 No. 1, ISSN 2086-6151
dengan judul English Expressions and Terminologies Used for Reservation in PT.
Raja Kamar Indonesia Jakarta yang juga bisa diakses di (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/2735).
Kemudian periode September 2018 yang sudah masuk ke tahun ajar gasal 2018/2019,
saya melakukan penelitian yang kali ini fokus dalam bidang literatur. Karya
ilmiah saya dipublikasikan di Jurnal Wanastra Vol. 10 No. 2, ISSN 2086-6151
dengan judul Personality of Main Character In Jobs Film Directed By Joshua
Michael Stern. Jurnal tersebut bisa diakses di laman (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/3945/2780).
Pada tahun yang sama, saya berkolaborasi dengan rekan sejawat saya untuk
melakukan penelitian / karya tulis yang kemudian dijadikan HKI dengan judul Pengaruh
Metode Pembelajaran Dan Kepribadian Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa
Inggris Siswa SMA Negeri Di Cibinong, sertifikat HKI bisa dilihat di blog saya
di pranala (http://sayyiddiyyas.blogspot.com/2018/03/hki-pengaruh-metode-pembelajaran-dan.html).
Tahun 2019 saya melakukan
penelitian dalam lingkup Pendidikan Bahasa, saya sebagai penulis pertama dalam
jurnal yang dipublikasikan oleh Wanastra Vol. 11 No. 1, ISSN 2086-6151 dengan judul
The Effect of Learning Motivation and Vocabulary Mastery Towards Students'
Writing Skill in Argumentative Text at Private Senior High School in Kabupaten
Serang. Link jurnal tersebut ada pada laman (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/5216/3052).
Periode selanjutnya yaitu gasal 2019/2020, saya mempublikasikan karya ilmiah masih
dengan lingkup yang sama yaitu Pendidikan Bahasa, penelitian saya diterbitkan
Jurnal Wanastra Vol. 11 No. 1, ISSN 2086-6151 dengan judul Improving
Communication English Speaking Skill through Listening Practice for Non-English
Majored Students yang dapat diakses di (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/6204).
Pada tahun 2020, artikel ilmiah saya kali ini difokuskan dalam bidang
linguistik. Artikel tersebut dipublikasikan oleh Jurnal Wanastra Vol. 12 No. 1,
ISSN 2086-6151 pranala dari jurnal tersebut dapat diakses di (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/7459). Semua
publikasi karya ilmiah saya juga sudah terindeks di Google Schoolar, bisa
diakses melalui laman (https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=0oJSE1QAAAAJ).
7. Makna dan
kegunaan (Min 150 Kata)
Fokus serta ruang lingkup
penelitian saya adalah dalam bidang Linguistik, Literatur, dan Pendidikan.
Penelitian yang efektif tentunya memberi dampak kepada masyarakat, itu tujuan
utamanya selain tentunya memajukan perkembangan iptek di Indonesia. Dalam skala
yang lebih kecil, penelitian yang saya lakukan bisa dijadikan rujukan atau referensi
bagi mahasiswa yang mencari sumber bacaan selain buku referensi utama yang
ditentukan oleh masing-masing dosen pengampu mata kuliah mereka. Outline tugas
akhir dan skripsi di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melingkupi
ruang lingkup Literatur, Linguistik, Teaching, dan English for Specific
Purposes. Penelitian yang telah saya lakukan bisa dijadikan acuan bagi
mahasiswa tingkat akhir yang sedang Menyusun tugas akhir ataupun skripsi.
Publikasi saya pada tahun 2016 dan 2017 misalnya, bisa dijadikan referensi
tambahan untuk mata kuliah Sociolinguistics. Mahasiswa dapat diarahkan untuk
melakukan kajian serupa namun dengan variable yang berbeda misalnya fenomena
penggunaan alih kode dalam penggunaan sosial media. Kemudian pada tahun 2018,
penelitian saya dalam lingkup literatur juga dapat digunakan oleh mahasiswa
sebagai additional resource atau bisa juga dijadikan contoh sebelum mereka
melakukan penelitian Tugas Akhir atau Skripsi mengenai Literatur. Penelitian
dan publikasi saya tentang Pendidikan Bahasa di tahun 2019 bisa dijadikan
rujukan bagi mahasiswa yang akan melakukan riset dengan outline Teaching
menggunakan metode survei misalnya, karena dalam penelitian tersebut saya
menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan instrument
dalam bentuk kuesioner dan tes kemudian diolah menggunakan SPSS version 21 for
Windows. Pada periode 2020, penelitian saya yang fokus dalam lingkup Linguistik
juga dapat dijadikan acuan tambahan pada mata kuliah Introduction to
Linguistics atau dijadikan referensi tambahan bagi mahasiswa yang akan
melakukan riset tugas akhir atau skripsi dengan outline Linguistik.
8. Nilai inovatif (Min
150 Kata)
Novelty atau unsur kebaruan
harus saya lakukan dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan melakukan hal yang demikian, akan memacu mahasiswa yang saya ajar maupun
yang saya bimbing untuk juga melakukan terobosan-terobosan baru dalam
Pendidikan maupun penelitiannya. Publikasi karya ilmiah saya mengenai alih kode
pada tahun 2016, membuat mahasiswa yang saya bimbing tertarik untuk mengambil
outline linguistik yang selama ini dianggap sulit. Saya memacu mahasiswa yang
saya bimbing untuk juga berani mengambil outline linguistik namun dengan
variabel dan media yang berbeda. Penelitian
saya mengenai alih kode serta beberapa publikasi lain juga mendapat perolehan
sitasi dari peneliti lain, bisa dilihat di laman Google Scholar saya di (https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=0oJSE1QAAAAJ).
Sementara penelitian saya
mengenai Pendidikan Bahasa, bisa dijadikan acuan bagi mahasiswa yang ingin
mengambil outline Teaching dengan metode yang berbeda. Jika selama ini metode
yang digunakan oleh hampir semua peserta tugas akhir dan skripsi UBSI yang
mengambil outline Teaching adalah deskriptif kualitatif, maka dalam publikasi tersebut,
saya melakukan penelitian dengan menggunakan deskriptif korelasional dengan
teknik survey dan pengumpulan data menggunakan instrument dalam bentuk
kuesioner dan tes, metode tersebut bermaksud untuk mengetahui ada tidaknya
hubungan antara dua variable atau lebih kemudian data diolah menggunakan
statistik inferensial korelasi sederhana dan korelasi ganda, serta regresi
sederhana dan ganda menggunakan aplikasi
SPSS version 21 for Windows.
B.2. Berikan CONTOH NYATA
konsistensi dan target kerja yang Saudara tunjukkan dalam pengembangan
keilmuan/keahlian.
9. Konsistensi (Min 150
Kata)
Menjalani profesi dosen adalah
pilihan hidup saya. Dengan pilihan yang telah saya buat itu saya harus
bertanggung jawab terhadap apa yang telah saya putuskan. Sejak awal bergabung
di STIBA Nusa Mandiri hingga sekarang saya di Universitas Bina Sarana
Informatika, saya selalu konsisten dalam melaksanakan kewajiban saya sebagai
seorang dosen dengan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dan mengembangkan
ilmu pengetahuan yang saya miliki. Di bidang pengajaran saya terus mencari
metode-metode pengajaran baru yang lebih inovatif dan kekinian, saya
menggunakan media-media pembelajaran yang terbaru, hal tersebut sangat berguna
dalam masa pandemi seperti saat ini. Saya dituntut untuk lebih kreatif mencari
alternatif pembelajaran. Mencari cara baru dalam melakukan pengajaran yang
tepat agar efektif seperti menggunakan media pembelajaran daring; Google
Classroom dan Google Meet. Dengan demikian, saya selalu dapat mengembangkan
keilmuan saya sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini.
Saya juga membuat modul non-cetak pada tahun 2017 untuk mata kuliah Social Conversation. Selain itu, saya juga menggunakan modul tersebut untuk memberikan pelatihan Bahasa inggris dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang saya lakukan. Materi tersebut saya upload di blog saya agar mahasiswa atau peserta pengabdian masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya kapan saja.
Selain mengampu mata kuliah TOEFL, pada tahun 2020 ini saya juga diberikan kepercayaan oleh Program Studi melalui Lembaga Bahasa UBSI untuk memberikan workshop dan pelatihan English Proficiency Test bagi calon DYS kampus UBSI Sukabumi Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI), Sistem Informasi Akuntansi (SIA), Teknologi Komputer (TK) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Sukabumi dalam rangka persiapan untuk mengikuti tes TKBI sebagai salah satu syarat mengikuti sertifikasi dosen 2020 gelombang satu saat ini.
Dalam bidang penelitan, saya konsisten dengan melahirkan sedikitnya satu jurnal setiap semesternya dengan fokus ke ruang lingkup Linguistik, Literatur, dan Pendidikan Bahasa. Sementara dalam bidang pengabdian masyarakat, saya tidak pernah melewatkan kesempatan untuk sharing ilmu pengetahuan bahasa inggris kepada masyarakat dengan cara terjun langsung ke lapangan.
Selain mengembangkan
hardskill, saya juga konsisten untuk mengasah pengembangan softskill saya
dengan mengikuti seminar dan workshop yang diadakan di baik di lingkungan
kampus UBSI maupun yang diselenggarakan oleh pihak lain. Saya juga mengikuti
pelatihan Personal Development selama 2 hari yang diadakan oleh Universitas
Bina Sarana Informatika pada tahun 2018 di Kampus UBSI Kaliabang. Kegiatan seminar,
workshop, dan Pelatihan yang saya ikuti saya upload di blog saya di laman (http://sayyiddiyyas.blogspot.com/search/label/Seminar).
10. Target kerja (Min 150
Kata)
Pemilihan metode pengajaran
yang tepat di perkuliahan praktek, perlahan mulai membuahkan hasil. Metode
student-based nyatanya mampu meningkatkan level percaya diri dan kemampuan mahasiswa.
Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat keterlibatan mahasiswa dalam
proses belajar. Mahasiswa yang tadinya cuek, dituntut untuk lebih aktif lagi
dalam belajar sehingga mereka tidak hanya disuapin saja.
Penggunaan media pembelajaran
daring seperti Google Classroom dan Google Meet di masa sekarang juga mampu
menjadi alat yang ampuh untuk menyampaikan materi kuliah meskipun harus
#studyfromhome dan #workfromhome. Terbukti mahasiswa tetap mampu mencerna
materi dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan stabilnya perolehan nilai tugas
yang mereka dapatkan, tidak jauh berbeda dengan perkuliahan tatap muka biasa.
Menjadi dosen pengampu mata
kuliah TOEFL, saya dan tim selalu bisa memenuhi target yang dicanangkan oleh
Program Studi. Misalnya, mempersiapkan pembelajaran; RPS, RTM, Silabus, dan
Kontrak Perkuliahan pada awal semester. Selain itu memperbaharui konten bahan
ajar di dalamnya berdasarkan hasil evaluasi yang ada di akhir semester yang
diadakan oleh Program Studi juga selalu dengan baik diselesaikan sebelum
tenggang waktu agar Biro Teknologi Informasi (BTI) bisa upload ke system web
mahasiswa sehingga sebelum perkuliahan dimulai, mahasiswa sudah tahu apa yang
akan mereka pelajari selama satu semester ke depan, juga buku referensi yang
digunakan. Bagi dosen, dengan mencerna perangkat pembelajaran terlebih dulu,
membuat mereka lebih siap dalam menghadapi kawah candradimuka.
Diberikan target yang tinggi
oleh Program Studi melalui lembaga bahasa UBSI ketika saya menjadi pembicara
sekaligus tutor dalam workshop dan pelatihan English Proficiency Test untuk Program
Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI), Sistem Informasi Akuntansi (SIA),
Teknologi Komputer (TK) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota
Sukabumi pada 11-13 Februari tahun 2020 lalu, saya jalankan dengan baik hingga
akhirnya semua calon DYS kampus UBSI Sukabumi bisa sampai masuk tahap D5
seperti sekarang. Sampai sekarang saya tetap menjalin hubungan baik dengan
mereka lewat Whatsapp serta saling berbagi info mengenai serdos periode satu
tahun 2020 ini. Kegiatan pelaksanaan
Workshop dan Pelatihan tersebut bisa dilihat di blog saya di (http://sayyiddiyyas.blogspot.com/2020/02/workshop-and-english-training-section.html).
0 comments
Kindly give me your thoughts. Thank you.